Ramadhan, Dwiyan Hari (2018) Pengaruh LKS IPA Terpadu Bermuatan Literasi Era Digital Tema Gerak Dalam Model Pembelajaran Kontekstual Adaptif Terhadap Pencapaian Kompetensi Siswa Kelas VIII SMPN 15 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_05_DWIYAN_HARI_RAMADHAN_14033083_373_2018.pdf [thumbnail of B1_05_DWIYAN_HARI_RAMADHAN_14033083_373_2018.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_05_DWIYAN_HARI_RAMADHAN_14033083_373_2018.pdf
Download (821kB)
Abstract
Pembelajaran IPA terpadu seharusnya diterapkan dengan baik di SMP. Disamping itu gerakan literasi sekolah perlu dikembangkan untuk meningkatkan literasi siswa. Kondisi nyata menunjukkan bahwa keterpaduan materi pembelajaran IPA dan literasi siswa masih rendah. Solusi dari permasalahan
adalah menerapkan LKS IPA terpadu mengintegrasikan literasi era digital dalam model pembelajaran kontekstual adaptif. Tujuan dari penelitian adalah untuk menyelidiki pengaruh LKS bermuatan literasi era digital tema gerak terhadap
kompetensi siswa kelas VIII di SMPN 15 Padang.
Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen semu. Desain penelitian adalah Randomized Control- Group Only Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 15 Padang yang terdaftar pada Tahun
Pelajaran 2017/2018. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian adalah kelas VIII 5 sebagai kelas eksperimen
dan Kelas VIII 7 sebagai kelas kontrol dengan jumlah 64 siswa. Instrumen penelitian terdiri dari lembar observasi untuk menilai sikap, lembar tes hasil
belajar untuk menilai pengetahuan, dan lembar penilaian kinerja untuk menilai keterampilan siswa. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif, uji kesamaan du rata-rata, regresi linier sederhana, dan uji korelasi pada taraf nyata 0,05 untuk ketiga kompetensi.
Ada dua hasil yang didapatkan dari penelitian ini. Dari analisis data dapat dikemukakan bahwa penggunaan LKS IPA Terpadu bermuatan literasi era digital
tema gerak dalam model pembelajaran kontekstual adaptif memberikan pengaruh yang berarti terhadap pencapaian kompetensi pengetahuan, sikap dan keterampilan siswa kelas VIII pada taraf kepercayaan 95%. Besar pengaruh
pencapaian kompetensi pengetahuan siswa sebesar 37,99% dan sisanya di 62,01% disebabkan faktor lain. Besar pengaruh yang diberikan LKS IPA Terpadu bermuatan literasi era digital tema gerak terhadap pencapaian kompetensi
keterampilan siswa sebesar 62,18% dan sisanya 37,82% disebabkan faktor lain.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 02 Jun 2025 09:17 |
Last Modified: | 02 Jun 2025 09:17 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/12975 |