Ningrum, Dwika Sulistia (2018) Pengaruh Penggunaan Video Tutorial Pada Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Dasar Pemrograman Kelas X TAV SMKN 1 Bukittinggi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_05_DWIKA_SULISTIA_NINGRUM_1306263_1342_2018.pdf [thumbnail of B1_05_DWIKA_SULISTIA_NINGRUM_1306263_1342_2018.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_05_DWIKA_SULISTIA_NINGRUM_1306263_1342_2018.pdf
Download (607kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari penggunaan Video Tutorial pada model pembelajaran Project Based Learning terhadap hasil belajar dasar pemrograman siswa kelas X TAV SMKN 1 Bukittinggi. Jenis penelitian ini adalah penelitian Pre Experimental Design dengan rancangan
Intack Group Comparison. Sampel penelitian yaitu kelas X TAV 2A sebagai kelas eksperimen menggunakan media pembelajaran video tutorial dan kelas kontrol adalah X TAV 2B menggunakan media power point. Teknik pengumpulan data dari post-test yang diadakan tiap pertemuan yaitu sebanyak 4 kali pada kelas eksperimen dan kelas kontrol, kemudian dianalisis untuk uji homogenitas, uji normalitas dan uji hipotesis. Dari hasil penelitian kelas eksperimen didapatkan
nilai rata-rata 81,55 dan kelas kontrol mendapatkan nilai rata-rata 76,33. Hasil perhitungan hipotesis pada taraf signifikan α=0,05 didapatkan t hitung yaitu 1,824 > 1,699, karena t hitung besar dari t tabel , maka hipotesis nihil (H
0 ) ditolak dan hipotesis alternatif (H a) diterima. Dapat disimpulkan bahwa pada taraf nyata, pengaruh penggunaan Video Tutorial pada model pembelajaran Project Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Dasar Pemrograman kelas X TAV SMKN 1 Bukittinggi signifikan sebesar 6,83%.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 02 Jun 2025 09:16 |
Last Modified: | 02 Jun 2025 09:16 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/12974 |