Fadhillah, Dwi (2016) Pengaruh Penggunaan Modul Bermuatan Nilai Karakter dalam Pembelajaran Kooperatif Terhadap Kompetensi Fisika Siswa Kelas XI di SMAN 8 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_05_DWI_FADHILLAH_01945_1892_2016.pdf [thumbnail of B1_05_DWI_FADHILLAH_01945_1892_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_05_DWI_FADHILLAH_01945_1892_2016.pdf
Download (1MB)
Abstract
Pembelajaran fisika yang kurang menuntut keterlibatan aktif dan perkembangan karakter siswa mempengaruhi kompetensi fisika siswa. Untuk mengatasi hal itu, diperlukan bahan ajar berupa modul yang sesuai dengan kebutuhan siswa dalam pembentukan kompetensi siswa secara utuh. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan modul bermuatan nilai karakter dalam pembelajaran kooperatif untuk meningkatkan kompetensi fisika siswa kelas XI SMAN 8 Padang.
Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen semu (quasi experiment research) dengan rancangan randomized control group only design.Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMAN 8 Padang tahun aj aran
2015/2016. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling dengan memilih kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 4 sebagai kelas kontrol. Data penelitian didapatkan dengan menggunakan teknik
penilaian berupa tes untuk kompetensi ranah kognitif yang dilakukan diakhir
penelitian dan penilaian non tes untuk kompetensi ranah afektif dan psikomotor.Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji kesamaan dua rata-rata. Hasil penelitian diperoleh bahwa kompetensi siswa pada ranah kognitif,
afektif dan psikomotor pada kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Nilai rata-rata siswa pada ranah kognitif kelas kontrol adalah 72,03 dan kelas eksperimen adalah 76,77. Nilai kompetensi siswa ranah afektif untuk kelas kontrol adalah 71,88 dan kelas eksperimen adalah 77,87. Nilai kompetensi siswa ranah psikomotor untuk kelas kontrol adalah 75,62 dan kelas eksperimen adalah
81,71. Setelah didapatkan nilai rata-rata siswa, dilakukan uji hipotesis dengan menggunakan uji t pada taraf nyata 0,05. Hasilnya disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh yang berarti penggunaan modul bermuatan nilai karakter
terhadap kompetensi siswa pada ranah kognitif, namun terdapat pengaruh yang berarti penggunaan modul bermuatan nilai karakter terhadap kompetensi siswa pada ranah afektif dan psikomotor.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 02 Jun 2025 09:16 |
Last Modified: | 02 Jun 2025 09:16 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/12971 |