Pengaruh Faktor Eksternal terhadap Ketidaklulusan Siswa SMA/MA/SMK dalam Ujian Nasional Menggunakan Regresi Poisson (Studi Kasus Pada SMA/MA/SMK di Kota Tanjungpinang).

Hasnarika, Hasnarika (2012) Pengaruh Faktor Eksternal terhadap Ketidaklulusan Siswa SMA/MA/SMK dalam Ujian Nasional Menggunakan Regresi Poisson (Studi Kasus Pada SMA/MA/SMK di Kota Tanjungpinang). Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_HASNARIKA_83954.pdf] Text
B1_HASNARIKA_83954.pdf

Download (1MB)

Abstract

Ujian Nasional (UN) merupakan salah satu alat evaluasi bagi pencapaian tujuanpendidikan. Salah satu permasalahan dalam UN adalah ketidaklulusan, yangmencerminkan mutu pendidikan belum sesuai dengan standar nasional pendidikan.Faktor yang mempengaruhi mutu pendidikan adalah faktor internal dan faktoreksternal. Yang termasuk faktor eksternal adalah lingkungan keluarga, sekolah danmasyarakat. Untuk melihat hubungan antara pengaruh faktor eksternal terhadapketidaklulusan UN perlu dibentuk suatu model menggunakan regresi Poisson.Penelitian ini bertujuan untuk menentukan bentuk model regresi Poisson dari faktoreksternal yang mempengaruhi ketidaklulusan siswa SMA/MA/SMK dalam UN danmenentukan faktor eksternal yang paling dominan mempengaruhinya.Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian terapan. Penelitian inimenggunakan data sekunder berupa data jumlah ketidaklulusan siswaSMA/MA/SMK Tahun Pelajaran 2010/2011 serta faktor eksternal lingkungansekolah yang mempengaruhinya. Data ini diperoleh dari Disdikpora dan 22 sekolahyang terdapat di Kota Tanjungpinang. Data yang diperoleh dianalisis menggunakanmetode pendugaan kemungkinan maksimum dengan pendekatan Newton-Raphson,uji rasio kemungkinan, uji Wald, dan kriteria AIC.Hasil penelitian diperoleh bentuk model pengaruh faktor eksternal terhadapketidaklulusan siswa SMA/MA/SMK dalam UN Tahun Pelajaran 2010/2011 yaitu:y = exp (-5,7073 + 3,5691 X1a(0) + 4,2538 X1b(0) – 0,7965 X2a(0) – 1,6224 X2b(0) +0,0865 X3 – 0,7771 X4 + 2,3571 X5(0) + 2,8453 X6(0)). Dari model tersebutdisimpulkan bahwa faktor yang mempunyai pengaruh nyata adalah akreditasi sekolahB dan C, input siswa rendah dan sedang, jumlah guru, jumlah guru dengan tingkatpendidikan masih di bawah S1, keadaan gedung sekolah yang kurang baik, dankelengkapan alat pembelajaran yang kurang lengkap.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: UJIAN NASIONAL, REGRESI POISSON, TAMATAN SMA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 02 Jun 2025 08:23
Last Modified: 02 Jun 2025 08:23
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/12967

Actions (login required)

View Item
View Item