Khairiah, Hasanatul (2011) Teaching Oral Description to Seventh Grade Students of Junior High School by Using Talking Box. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_HASANATUL_KHAIRIAH_72865_5684_2011.pdf [thumbnail of B1_HASANATUL_KHAIRIAH_72865_5684_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_HASANATUL_KHAIRIAH_72865_5684_2011.pdf
Download (425kB)
Abstract
Berdasarkan pengamatan dilapangan, dalam proses belajar mengajarsebagian siswa mengalami kesulitan dalam berbicara bahasa inggris. Khususnyabagi siswa Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP), mereka merasa malu dantakut untuk berbicara dalam bahasa inggris. Salah satu penyebab permasalahan iniadalah kurangnya kreativitas guru dalam menciptakan metode atau teknik dalammengajar bahasa inggris, sehingga siswa mengalami benturan benturan dalambelajar bahasa inggris.Khususnya bagi siswa SLTP kelas satu, mereka tidakmampu mendeskripsikan suatu benda secara oral dalam bahasa inggris, karenasiswa mengalami kesulitan dalam memahami dan mengungkapakan bahasa yangdipakai untuk mendeskripsikan benda,orang dan tempat dalam bahasa inggris.Dari alasan diatas dapat disimpulkan bahwa siswa SLTP kelas satu mengalamikesulitan dalam mendeskripsikan benda secara oral dengan baik.Untuk mengatasi kesulitan siswa SLTP dalam mendeskripsikan bendasecara oral, maka ada beberapa teknik yang dapat diterapakan oleh guru, salahsatunya adalah menggunakan talking box. Pada teknik ini, pertama gurumenyiapakan dan memperlihatakan sebuah kotak yang telah didekorasi denganindah dan berwarna warni agar terlihat menarik bagi siswa. Kemudian kotaktersebut diisi dengan benda-benda yang juga menarik, seperti mainan anak anakatau benda benda lain yang dapat dideskripsikan siswa secara oral.Gurumenunjukkan kepada siswa benda-benda tersebut dan mendeskripsikannya secaraoral didepan kelas. Selanjutnya, siswa mendeskripsikan benda kesayangannyakedepan kelas, seperti boneka, mobil-mobilan, foto atau gambar-gmbr keluargadan idola mereka. Teknik ini bertujuan untuk melatih dan meningkatkankeberanian dan mempertajam kemampuan berbicara siswa SLTP kelas satu dalamberbicara bahasa inggris, khususnya dalam mendeskripsikan benda, orang dantempat secara oral dengan baik.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | ORAL DESCRIPTION, SEVENTH GRADE |
Subjects: | L Education > L Education (General) P Language and Literature > PE English |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 02 Jun 2025 08:10 |
Last Modified: | 02 Jun 2025 08:10 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/12966 |