Sari, Irmala (2014) Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman melalui Teknik Penataan Gagasan bagi Anak Kesulitan Belajar (Single Subject Research Kelas IV di SDN 18 Koto Luar). Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_2_IRMALA_SARI _11641_1555_2014.pdf [thumbnail of B1_2_IRMALA_SARI _11641_1555_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_2_IRMALA_SARI _11641_1555_2014.pdf
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang peneliti temukan di
SDN 18 Koto Luar Padang, seorang anak kesulitan belajar kelas IV SDN 18 Koto
Luar yang mengalami masalah dalam membaca pemahaman. Hal ini terlihat saat
peneliti melakukan pengamatan terhadap anak dan didapatkan hasil bahwa
kemampuan membaca pemahaman rendah. Anak mengalami kesulitan dalam
menjawab pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan teks bacaan. Berdasarkan
hal tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk membuktikan apakah teknik
penataan gagasan dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan membaca
pemahaman anak kesulitan belajar kelas IV SDN 18 Koto Luar Padang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan Single Subject Research, dengan
desain A-B dan teknik analisis datanya menggunakan analisis visual grafik. Subjek
penelitian adalah anak kesulitan belajar kelas IV, yang mana anak diminta membaca
teks bacaan lalu menjawab sepuluh pertanyaan pada setiap kali pertemuan.
Pengukuran variabelnya dengan menggunakan persentase jumlah soal yang dijawab
dengan benar.
Pengamatan dilakukan dengan dua sesi yaitu pertama, sesi baseline (A) yang
dilakukan sebanyak tujuh kali pengamatan, hasil persentase pada kondisi ini terletak
pada rentang 20% sampai 30%. Kedua, sesi intervensi melalui teknik penataan
gagasan (B) dilakukan sebanyak sebelas kali, persentase jumlah kata benda yang
dibaca dengan benar pada kondisi ini terletak pada rentang 40% sampai 80%.
Berdasarkan hasil analisis data dalam kondisi dan hasil analisis antar kondisi yang
menunjukkan perubahan dari tidak stabil dengan kecenderungan arah sedikit
meningkat (A) ke tidak stabil secara positif (B). Sehingga berdasarkan hasil
penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa teknik penataan gagasan dapat
digunakan dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman bagi anak
kesulitan belajar kelas IV SDN 18 Koto Luar, Padang. Peneliti menyarankan pada
guru hendaknya dapat menggunakan teknik penataan gagasan dalam membantu anak
memahami bacaan.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 02 Jun 2025 08:06 |
Last Modified: | 02 Jun 2025 08:06 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/12961 |