Kesesusaian Rubrik Penilaian Sikap Sosial dengan Kompetensi Dasar yang Relevan Mata Pelajaran Sejarah SMA N 1 Batusangkar 2015/2016

Putra, Angga Pranata (2016) Kesesusaian Rubrik Penilaian Sikap Sosial dengan Kompetensi Dasar yang Relevan Mata Pelajaran Sejarah SMA N 1 Batusangkar 2015/2016. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_2_ANGGA_PRANATA_PUTRA_1101700_3867_2016.pdf] Text
B1_2_ANGGA_PRANATA_PUTRA_1101700_3867_2016.pdf

Download (4MB)

Abstract

Berdasarkan permendikbud Nomor 103 tahun 2014 tentang Pembelajaran
Pada Pendidikan Dasar Menengah dan Permendikbud Nomor 104 tahun 2014 tentang
Penilaian Hasil Belajar Oleh Pendidik Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan
Menengah, setiap sekolah yang telah menerapkan Kurikulum 2013, wajib bagi guru
menggunakan peraturan tersebut dalam menyiapkan perlengkapan pembelajaran yang
berhubungan dengan penilaian autentik terutama dalam penilaian sikap, sehingga
adanya kesesuaian K.D dengan sikap yang akan di ajarakan yang bersifat abstrak
dalam pembelajaran yang dimana berguna dalam kehidupan sehari-hari dalam
berprilaku. Penilaian ini digunakan berbeda disetiap mata pelajaran termasuk dalam
pembelajaran sejarah. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi tentang kesusaian
rubrik penilaian sikap dengan kompetensi dasar yang relevan mata pelajaran sejarah
SMA N 1 Batusangkar pada tahun pelajaran 2015/2016. Guru sejarah dalam
melaksanakan rubrik penilaian sikap sosial yang berkaitan dengan penilaian autentik
pada mata pelajaran sejarah meliputi: RPP, perencanaan instrumen penilaian sikap,
pelaksanaan instrumen penilaian sikap.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
penelitian evaluatif dengan pendekatan positifistik. Informan penelitian ini adalah
guru-guru sejarah, dan subjek adalah RPP. dan Rubrik Penilaian sikap sosial Teknik
pengumpulan data dilakukan dengan dua cara yaitu:observasi dan studi dokumentasi.
Hasil penelitian dari beberapa guru sejarah di SMA N 1 Batusangkar telah
melaksanakan penilaian pada rubrik penilaian sikap, tetapi masih ada juga ditemukan
kesalahan saat penilaian yang dimana ketidaksesuaian antara rubrik penilaian sikap
sosial dengan K.D yang tertatanam dalam K.D dalam materi. Penelitian juga
menemukan ada guru yang tidak melakukan penilaian sikap hanya menerka-nerka
sikap peserta didik pada saat penilaian rapor. Jadi perlu banyak beberapa perbaikan
oleh guru dalam melaksanakan penilaian sikap antara kesesuaian rubrik penilaian
dengan K.D yang relevan pada mata pelajaran sejarah dengan ketentuan yang sesuai
dengan peraturan yang baru.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan
penilaian autentik pada penilaian sikap dengan kesesuaian dengan K.D belum
terlaksana secara baik pada mata pelajaran sejarah di SMA N 1 Batusangkar. Oleh
karena itu, guru sejarah hendak mempelajari kembali ketentuan pelaksanaan penilaian
autentik sikap yang sesuai dengan ketentuan yang berlaku, sehingga pelaksanaan
penilaian autentik bisa terlaksana dengan baik.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: SIKAP SOSIAL
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah-S1
Depositing User: Arlianis Arlianis S.IP
Date Deposited: 02 Jun 2025 07:41
Last Modified: 02 Jun 2025 07:41
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/12957

Actions (login required)

View Item
View Item