Fortuna, Angga Nikola (2014) Persepsi Siswa Tunarungu terhadap Penggunaan Sistem Isyarat Bahasa Indonesia dalam Komunikasi di SLB se-Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_2_ANGGA_NIKOVA_FORTUNA_54045_5655_2014.pdf [thumbnail of B1_2_ANGGA_NIKOVA_FORTUNA_54045_5655_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_2_ANGGA_NIKOVA_FORTUNA_54045_5655_2014.pdf
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini di latar belakangi adanya perbedaan Persepsi Siswa
Tunarungu terhadap penggunaan Sistem Isyarat Bahasa Indonesia dalam
berkomunikasi se-Kota Padang. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh
gambaran tentang persepsi atau cara pandang para Siswa Tunarungu terhadap
penggunaan SIBI.
Metodologi dalam penelitian ini bersifat deskriptif dengan pendekatan
kuantitatif. Teknik pengambilan sampel adalah totaly sampling dengan jumlah
respon dari seluruh SLB di Kota Padang. Teknik pengumpulan data melalui
angket menggunakan skala Likert dengan alternatif jawaban ya, ragu-ragu dan
tidak, dengan jumlah item 43 yang berkenaan dengan Persepsi para Siswa
Tunarungu terhadap penggunaan Sistem Isyarat Bahasa Indonesia dalam
berkomunikasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan rumus
statistik persentase.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut disimpulkan persepsi para Siswa
Tunarungu Terhadap Penggunaan Sistem Isyarat Bahasa Indonesia dalam
berkomunikasi di SLB se-Kota Padang masih tinggi pada beberapa aspek.
Disarankan kepada guru agar lebih meningkatkan pengajarannya dalam
pembelajaran bahasa isyarat khususnya SIBI yang merupakan bahasa isyarat
resmi yang ditetapkan pemerintah.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PERSEPSI SISWA TUNARUNGU |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1 |
Depositing User: | Arlianis Arlianis S.IP |
Date Deposited: | 02 Jun 2025 07:40 |
Last Modified: | 02 Jun 2025 07:40 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/12950 |