Fajri, Hanifah (2011) Motivating Introvert Students to Speak through a Problem Solving Discussion in a Small Group. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_HANIFAH_FAJRI_64104_2890_2011.pdf [thumbnail of B1_HANIFAH_FAJRI_64104_2890_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_HANIFAH_FAJRI_64104_2890_2011.pdf
Download (384kB)
Abstract
Kepribadian dapat mempengaruhi perilaku berbicara seseorang. Ada duatipe kepribadian yang perbedaannya nampak kentara pada perilaku berbicara, yaituektrovert dan introvert. Orang-orang berkepribadian ekstrovert berperilaku terbuka,senang berbicara, dan menyukai berada di tengah-tengah keramaian. Sementaraorang-orang berkepribadian introvert cenderung tertutup, pendiam, dan tidakmenyukai keramaian. Di dalam kelas anak-anak ektrovert terlihat lebih aktif dansering berpartisipasi dalam kegiatan berbicara. Anak-anak introvert seringkali diam,mereka hanya sekali-sekali berbicara, meskipun sebenarnya mereka memahamipelajaran dan memahami pertanyaan guru. Karena keahlian berbicara adalahkeahlian yang penting, maka anak-anak berkepribadian introvert harus mengasahkeahlian berbicara mereka. Mereka membutuhkan banyak kesempatan untuk melatihkeahlian berbicara mereka, tetapi situasi kelas yang umumnya diwarnai kompetisitidak mendukung mereka. Mereka membutuhkan lingkungan tertentu untukmemotivasi agar berkesempatan lebih banyak lagi berbicara.Oleh karena itu, makalah ini membahas salah satu strategi untuk memotivasianak-anak introvert untuk berbicara, yaitu dengan menggunakan problem solvingdiscussion di dalam kelompok kecil. Teknik ini diharapkan dapat memotivasi danmemfasilitasi mereka karena dua alasan. Pertama, orang-orang introvert padaumumnya tertarik dengan pembicaraan yang mendalam daripada pembicaraan yangbersifat basa basi. Pembicaraan seperti itu dapat diterapkan dalam kegiatanmenyelesaikan sebuah masalah (problem solving). Kedua, mereka juga merasa lebihnyaman berbicara dalam kelompok kecil dibandingkan dengan kelompok besar.Maka dari itu problem solving discussion di dalam kelompok kecil dapat memotivasianak-anak introvert untuk berbicara. Dalam problem solving discussion ini siswadibagi ke dalam kelompok-kelompok kecil kemudian diberikan sebuah masalah ataukasus, kemudian mereka berdiskusi untuk memecahkan masalah tersebut. Setelahberdiskusi dalam kelompok kecil, setiap kelompok mempresentasikan secara ringkashasil diskusi mereka.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | SPEAK THROUGH, SOLVING DISCUSSION |
Subjects: | L Education > L Education (General) P Language and Literature > PE English |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 02 Jun 2025 07:40 |
Last Modified: | 02 Jun 2025 07:40 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/12948 |