Pengaruh Pembelajaran Berbasis Laboratorium Berbantukan Kit Fisika dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI SMAN 8 Padang

Adiaty, Fatma (2014) Pengaruh Pembelajaran Berbasis Laboratorium Berbantukan Kit Fisika dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI SMAN 8 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_FATMA_ADIATY_18421_1670_2014.pdf] Text
B1_5_FATMA_ADIATY_18421_1670_2014.pdf

Download (1MB)

Abstract

Hasil belajar Fisika sebagai tolak ukur penguasan konsep pembelajaran, masih belum mencapai KKM yang telah ditetapkan. Salah satu faktor penyebabnya adalah rendahnya minat dan motivasi siswa, yang dipengaruhi cara guru dalam menyampaikan materi pelajaran dalam pembelajaran Fisika sehingga siswa tidak dapat menguasai konsep dengan baik. Minat dan motivasi siswa akan tumbuh apabila guru melibatkan siswa dalam pembelajaran dan membuat siswa menemukan sendiri konsep materi yang dipelajari. Oleh sebab itu, peneliti menerapkan pembelajaran berbasis laboratorium berbantukan kit Fisika. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh pembelajaran berbasis laboratorium berbantukan kit Fisika dengan pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) terhadap hasil belajar Fisika siswa kelas XI SMAN 8 Padang. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Populasi dalam penelitian adalah semua siswa pada kelas XI di SMAN 8 Padang yang terdaftar pada Tahun Ajaran 2013/2014. Melalui teknik Cluster Random Sampling didapatkan kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 4 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data untuk ranah kognitif adalah tes tertulis sedangkan untuk ranah afektif dan psikomotor adalah observasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu konversi skor ke nilai, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji kesamaan dua rata-rata. Melalui data yang diperoleh dari hasil penelitian, dilakukan analisis data pada ranah kognitif, ranah afektif, dan ranah psikomotor. Uji kesamaan dua ratarata yang dipakai yaitu uji t, karena kedua kelas terdistribusi normal dan memiliki varians yang homogen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hipotesis kerja yang berbunyi ”Terdapat pengaruh yang berarti penerapan pembelajaran berbasis laboratorium berbantukan kit Fisika dengan pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) terhadap hasil belajar Fisika siswa kelas XI SMA 8 Padang” dapat diterima pada taraf nyata 0.05.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Laboratorium Berbantukan Kit Fisika, Contextual Teaching And Learning (CTL)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1
Depositing User: FAUZZIYAH FAUZZIYAH
Date Deposited: 02 Jun 2025 06:20
Last Modified: 02 Jun 2025 06:20
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/12921

Actions (login required)

View Item
View Item