Pengaruh Penerapan Pendekatan Brain Based Learning terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X SMAN 12 Padang

Yeni, Ade Silvia (2014) Pengaruh Penerapan Pendekatan Brain Based Learning terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X SMAN 12 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_ADE_SILVIA_YENI_54918_2824_2014.pdf] Text
B1_5_ADE_SILVIA_YENI_54918_2824_2014.pdf

Download (8MB)

Abstract

Proses pembelajaran yang cenderung satu arah mengakibatkan siswa kurang berpartisipasi dalam proses pembelajaran. Komunikasi antara guru dan siswa kurang terjalin dimana siswa kurang berani mengemukakan pendapatnya saat belajar. Keadaan ini menyebabkan lemahnya kemampuan berpikir siswa yang bermuara pada rendahnya hasil belajar siswa. Salah satu cara untuk meningkatkan hasil belajar siswa adalah menggunakan pendekatan Brain Based Learning yang diharapkan dapat mengoptimalkan kerja otak siswa, sehingga proses pembelajaran menjadi bermakna. Tujuan penelitian ini untuk menyelidiki pengaruh penerapan pendekatan Brain Based Learning terhadap hasil belajar fisika siswa kelas X SMAN 12 Padang. Jenis penelitian yang dilakukan yakni penelitian eksperimen semu dengan rancangan yang digunakan adalah “Randomized Control Group Only Design”. Populasi adalah seluruh siswa kelas X yang terdaftar pada Tahun Ajaran 2013/2014. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling dan menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol dilakukan secara acak. Data penelitian meliputi hasil belajar pada ketiga ranah yaitu ranah kognitif, ranah afektif, dan ranah psikomotor. Instrumen penilaian berupa tes tertulis untuk ranah kognitif, lembar observasi untuk ranah afektif dan rubrik penskoran untuk ranah psikomotor. Untuk menguji hipotesis, data dianalisis menggunakan uji kesamaan dua rata-rata yakni uji t dengan taraf nyata 0,05. Hasil analisis data menunjukkan nilai rata-rata kelas eksperimen pada ranah kognitif, afektif dan psikomotor adalah 74,08, 81,15, dan 79,10. Sementara itu, nilai rata-rata kelas kontrol pada ranah kognitif, afektif dan psikomotor adalah 63,04, 73,31, dan 72,50. Berdasarkan hasil uji-t pada ranah kognitif, afektif, dan psikomotor, diperoleh dan i . Hasil uji-t pada ketiga ranah menunjukkan bahwa , maka dapat disimpulkan hipotesis kerja diterima karena berada diluar daerah penerimaan Ho. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang berarti penerapan pendekatan Brain Based Learning terhadap hasil belajar fisika pada ranah kognitif, ranah afektif dan ranah psikomotor siswa kelas X SMAN 12 Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Brain Based Learning, Hasil Belajar, Siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika-S1
Depositing User: MUKHLIS MUKHLIS
Date Deposited: 02 Jun 2025 06:19
Last Modified: 02 Jun 2025 06:19
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/12917

Actions (login required)

View Item
View Item