Rahim, Fanny Rahmatina (2014) Pengaruh Handout Mekanika Terintegrasi Materi Bencana Gunung Meletus terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa dalam Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) di Kelas XI SMAN 1 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_FANNY_RAHMATINA_RAHIM_16030_2230_2014.pdf [thumbnail of B1_5_FANNY_RAHMATINA_RAHIM_16030_2230_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_FANNY_RAHMATINA_RAHIM_16030_2230_2014.pdf
Download (2MB)
Abstract
Pembelajaran fisika di sekolah belum sepenuhnya meningkatkan hasil belajar siswa. Penyebabnya adalah belum terkaitnya materi fisika dengan kehidupan seharihari. Materi mekanika dapat diintegrasikan dengan bencana gunung meletus. Model pembelajaran yang diterapkan adalah Creative Problem Solving (CPS) berbantukan Handout yang terintegrasi bencana gunung meletus. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengaruh Handout mekanika terintegrasi materi bencana gunung meletus terhadap hasil belajar fisika siswa dalam pembelajaran CPS. Jenis penelitian adalah Quasi Experiment. Rancangan penelitian adalah Randomized Control Group Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua kelas XI IPA semester 1 di SMA N 1 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2013/2014. Sampel dipilih dengan teknik cluster random sampling, diperoleh kelas XI IPA 6 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 7 sebagai kelas kontrol. Data dalam penelitian ini adalah data hasil belajar fisika meliputi ranah kognitif, afektif, dan psikomotor. Alat pengumpul data adalah soal esai untuk ranah kognitif dan lembar observasi untuk ranah afektif dan psikomotor. Teknik analisis data menggunakan uji kesamaan dua rata-rata untuk ranah kognitif, afektif, dan psikomotor. Hasil penelitian menyatakan bahwa nilai rata-rata hasil belajar siswa pada ranah kognitif di kelas eksperimen adalah 84,00 dan di kelas kontrol adalah 80,00. Hasil analisis uji t, diperoleh t hitung = 2,258 sedangkan t = 1,67 sehingga hipotesis kerja (Hi) diterima pada taraf nyata 0,05. Selanjutnya, pada hasil belajar ranah afektif, diperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa di kelas eksperimen 88,00 (dalam kategori sangat baik) dan di kelas kontrol adalah 84,00 (dalam kategori sangat baik). Hasil analisis uji t, diperoleh t hitung = 2,172 sedangkan t tabel = 1,67 sehingga hipotesis kerja (Hi) diterima pada taraf nyata 0,05. Lebih lanjut, hasil belajar pada ranah psikomotor, diperoleh nilai rata-rata hasil belajar di siswa kelas eksperimen 83,00 dan di kelas kontrol adalah 81,00. Hasil analisis uji t, diperoleh t tabel hitung = 1,81 sedangkan t = 1,67 sehingga hipotesis kerja (Hi) diterima pada taraf nyata 0,05. Kesimpulan penelitian adalah hipotesis yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh yang berarti Handout mekanika terintegrasi materi bencana gunung meletus terhadap hasil belajar Fisika siswa dalam pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) di kelas XI SMAN 1 Padang dapat diterima pada taraf nyata 0,05.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Handout Mekanika, Hasil Belajar Fisika Siswa, Creative Problem Solving (CPS) |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1 |
Depositing User: | FAUZZIYAH FAUZZIYAH |
Date Deposited: | 02 Jun 2025 05:20 |
Last Modified: | 02 Jun 2025 05:20 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/12902 |