Ramadhan, Andi Rio (2020) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam Pokok Bahasan Teorema Pythagoras. Bachelor/Skripsi thesis, UNP.
B1_01_ANDI_RIO_RAMADHAN_16029098_196_2020.pdf
Download (11MB)
Abstract
Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) merupakan salah satu bahan ajar yang
mampu menunjang pembelajaran dalam mencapai tujuan pembelajaran. LKPD
memuat rangkaian kegiatan dengan tujuan pencapaian pemahaman akan materi
yang diajarkan. Namun demikian, tidak semua LKPD mampu menunjang
pembelajaran secara optimal. Pada LKPD yang diamati terkait materi teorema
Pythagoras masih terdapat hal-hal yang perlu disempurnakan. Penelitian ini
bertujuan untuk mengembangkan LKPD pada pokok bahasan teorema Pythagoras
yang valid dan praktis dengan menggunakan pendektan Contextual Teaching and
Learning (CTL).
Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan Mckenney
yang terdiri dari tiga tahap, yaitu tahap preliminary, tahap prototyping, dan tahap
assessment. Tahap preliminary terdiri dari analisis peserta didik, analisis struktur
isi, dan analisis konsep. Tahap prototyping terbagi atas 3 bagian yaitu prototype 1,
prototype 2, dan prototype 3. Karena keterbatasan kondisi, pada penelitian ini hanya
sampai pada tahap prototype 2. Pada prototype 1 bertujuan untuk menentukan
tingkat kevalidan dari LKPD yang dikembangkan dengan melakukan perancangan,
evaluasi sendiri, dan validasi oleh pakar. Pada prototype 2 dilakukan kegiatan one
to one untuk mengukur kepraktisan LKPD yang dikembangkan. Validitas dan
praktikalitas diukur berdasarkan angket validitas yang diisi oleh tiga orang validator
dan angket praktikalitas yang diisi oleh tiga orang responden.
Berdasarkan hasil analisis data validitas menunjukkan bahwa LKPD berbasis
pendekatan CTL telah memenuhi kriteria valid dari aspek kelayakan isi,
kebahasaan, penyajian, dan kegrafikan. Dilihat dari aspek kemudahan penggunaan,
waktu, dan biaya yang diperlukan LKPD memenuhi kriteria praktis. Berdasarkan
hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis pendektan CTL pada
pokok bahasan teorema Pythagoras dapat dinyatakan valid dan praktis.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S1 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 21 Jan 2025 05:15 |
Last Modified: | 21 Jan 2025 05:15 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/129 |