Hubungan antara Persepsi tentang Kegiatan Belajar dengan Mutu Kegiatan Belajar: Penelitian terhadap Siswa SMP N 3 Padang Panjang

Fitriani, Fani (2012) Hubungan antara Persepsi tentang Kegiatan Belajar dengan Mutu Kegiatan Belajar: Penelitian terhadap Siswa SMP N 3 Padang Panjang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_FANI_FITRIANI_88919_6645_2012.pdf] Text
B1_5_FANI_FITRIANI_88919_6645_2012.pdf

Download (1MB)

Abstract

Persepsi penting dimiliki oleh siswa terutama persepsi tentang kegiatan belajar yaitu mempersiapkan kegiatan belajar, mengikuti kegiatan belajar, mengerjakan tugas dengan mutu kegiatan belajar. Siswa yang memiliki persepsi yang bagus tentang kegiatan belajar, akan melakukan kegiatan belajar dengan baik, namun sebaliknya apabila siswa yang mempersepsi kegiatan belajar itu tidak baik, maka kegiatan belajar yang dilakukan siswa tidak serius dan asalan. Berdasarkan kenyataan yang ditemui di SMP N 3 Padang Panjang persepsi siswa tentang kegiatan belajar baik yang mempengaruhi mutu kegiatan belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: 1) Persepsi tentang kegiatan belajar siswa 2) Mutu kegiatan belajar 3) Mengetahui hubungan persepsi tentang kegiatan belajar siswa dengan mutu kegiatan belajar di SMP N 3 Padang Panjang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelasional yang bertujuan untuk menggambarkan suatu keadaan hubungan persepsi tentang kegiatan belajar dengan mutu kegiatan belajar siswa SMP N 3 Padang Panjang. Subjek penelitian ini adalah siswa VIII dan IX di SMP N 3 Padang Panjang yang terdaftar pada tahun ajaran 2011/2012 sebanyak 96 siswa. Instrumen yang digunakan yaitu angket. Data diolah dengan secara manual dan menggunakan program komputer Statiscal Product and Service Solution (SPSS) versi 16.00. Temuan penelitian mengungkapkan bahwa secara rata-rata persepsi siswa tentang kegiatan belajar mengenai: 1) Persepsi tentang kegiatan belajar dikategorikan baik, 2) Mutu kegiatan belajar kurang baik, 3) Tidak terdapat hubungan antara persepsi tentang kegiatan belajar dengan mutu kegiatan belajar siswa SMP N 3 Padang Panjang dengan r hitung sebesar -0,046 pada taraf signifikansi 0,01 dan r tabel sebesar 0,205. Berdasarkan hasil penelitian, bagi guru BK diharapkan mampu meningkatkan untuk mempersiapkan siswanya dengan memberikan pemahaman berupa materi tentang informasi persepsi siswa tentang kegiatan belajar mengenai mempersiapkan kegiatan belajar, mengikuti kegiatan belajar, mengerjakan tugas yang semuanya berguna bagi siswa sehingga bisa meningkatkan mutu kegiatan belajar siswa. Bagi kepala sekolah, agar mempertahankan untuk memperhatikan dan memberikan kebijakan kepada guru BK dalam pelaksanaan program BK di sekolah, terutama mengenai informasi-informasi yang berkaitan dengan persepsi siswa tentang kegiatan belajar, sehingga menambah wawasan yang dapat meningkatkan mutu kegiatan belajar siswa

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kegiatan Belajar, Persepsi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseleling-S1
Depositing User: FAUZZIYAH FAUZZIYAH
Date Deposited: 02 Jun 2025 05:20
Last Modified: 02 Jun 2025 05:20
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/12899

Actions (login required)

View Item
View Item