Neta, Fandy (2011) Pengaruh Pengetahuan Awal dalam Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Kelas X SMA N 3 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_FANDY_NETA_94262_2011.pdf [thumbnail of B1_5_FANDY_NETA_94262_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_FANDY_NETA_94262_2011.pdf
Download (284kB)
Abstract
Keberhasilan belajar dapat dicapai jika siswa berpartisipasi aktif dalam mengikuti proses pembelajaran. Salah satu upaya dalam mengaktifkan siswa yaitu dengan metoda pemebelajaran yang tepat dan sesuai dengan karakteristik mata pelajaran yang diajarkan. Salah satu metoda yang dapat mengaktifkan siswa dalam mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) adalah Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI). Rumusan masalah dalam Penelitian ini adalah untuk melihat perbedaan hasil belajar antara metode pembelajaran langsung dengan metode pembelajaran TAI dan perbedaan hasil belajar antara metode pembelajaran langsung dengan metode pembelajaran TAI pada kelompok pengetahuan awal, serta untuk melihat interaksi pengetahuan awal dengan metode pembelajaran langsung dan metode pembelajaran TAI. Penelitian ini dilakukan secara kuantitatif dengan jenis penelitian menggunakan quasy eksperimen dengan membandingkan hasil belajar siswa yang belajar Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI dan tanpa Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA N 3 Padang. Penarikan sampel dilakukan dengan purposive sampling dan yang menjadi sampel adalah kelas X 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas X 6 kelas kontrol. Kompetensi Dasar untuk kedua kelas adalah system operasi dan manajemen file. Data dalam penelitian ini berasal dari hasil belajar siswa di kelas eksperimen dan di kelas kontrol. Data tersebut diolah dengan menggunakan rumus Analysis of Variance (ANOVA) 2 jalur. Dari hasil uji hipotesis dengan ANOVA 2 jalur diperoleh Harga F hitung = 4,49 , ternyata lebih besar dari harga F tabel (4,49 > 3,98). Karena harga F hitung lebih besar dari pada F tabel , maka H 0 ditolak dan H a diterima. Hal ini terbukti dengan rata – rata hasil belajar siswa dengan menggunakan metoda pembelajaran TAI lebih tinggi dari pada metode pembalajaran langsung (80,38 > 77,15) . Dengan demikian dapat disimpulkan Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI memberikan pengaruh yang berarti terhadap hasil belajar siswa kelas X dalam mata pelajaran TIK di SMA N 3 Padang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Team Assisted Individualization (TAI), Analysis of Variance (ANOVA) 2 jalur, Pengetahuan Awal |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika-S1 |
Depositing User: | FAUZZIYAH FAUZZIYAH |
Date Deposited: | 02 Jun 2025 05:19 |
Last Modified: | 02 Jun 2025 05:19 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/12897 |