Pengaruh LKS Terintegrasi Bencana Kekeringan terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Model Pembelajaran Modified Inquiry pada Materi Termodinamika Kelas XI SMAN 10 Padang

Yudanti, Famia (2014) Pengaruh LKS Terintegrasi Bencana Kekeringan terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Model Pembelajaran Modified Inquiry pada Materi Termodinamika Kelas XI SMAN 10 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_FAMIA_YUDANTI_18413_6127_2014.pdf] Text
B1_5_FAMIA_YUDANTI_18413_6127_2014.pdf

Download (7MB)

Abstract

Salah satu penyebab rendahnya hasil belajar fisika adalah kemampuan berfikir kritis siswa masih rendah. Cara yang dapat dilakukan adalah menerapkan model pembelajaran Modified Inquiry menggunakan bahan ajar berbentuk Lembar Kegiatan Siswa (LKS) terintegrasi bencana kekeringan. Materi LKS yang digunakan dalam penelitian ini adalah materi termodinamika, sehingga siswa diharapkan dapat meningkatkan kemampuan berfikir kritis dalam menyelesaikan permasalahan yang diberikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh LKS terintegrasi bencana kekeringan terhadap hasil belajar siswa dalam model pembelajaran Modified Inquiry pada materi termodinamika kelas XI SMAN 10 Padang. Jenis penelitian ini adalah “quasi experiment”. Model rancangan penelitian randomized control group only design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMAN 10 Padang yang terdaftar pada Semester 2 tahun ajaran 2013/2014. Pengambilan sampel dilakukan dengan menerapkan teknik purposive sampling, diperoleh dua kelas sampel yaitu XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa soal tes pada ranah kognitif yang mencakup kemampuan berfikir kritis, format penilaian pada ranah afektif, dan rubrik penskoran pada ranah psikomotor. Teknik analisis data menggunakan uji kesamaan dua rata-rata (uji t). Berdasarkan analisis data diperoleh rata-rata hasil belajar ranah kognitif untuk kedua kelas sampel 78,78 dan 69,22, pada ranah afektif rata-ratanya 71,97 dan 65,97, dan pada ranah psikomotor rata-ratanya 80,42 dan 68,91. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang berarti LKS terintegrasi bencana kekeringan terhadap hasil belajar siswa dalam model pembelajaran Modified Inquiry pada materi termodinamika kelas XI SMAN 10 Padang pada taraf nyata 0,05.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: LKS, Hasil Belajar Siswa, Model Pembelajaran Modified Inquiry
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GE Environmental Sciences
L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1
Depositing User: FAUZZIYAH FAUZZIYAH
Date Deposited: 02 Jun 2025 05:19
Last Modified: 02 Jun 2025 05:19
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/12896

Actions (login required)

View Item
View Item