Nurmadiah, Ira (2022) Analisis Diksi dan Struktur Teks Prosedur Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Koto Baru Kabupaten Dharmasraya. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_01_Ira_Nurmadiah_18016022_4378_2022.pdf [thumbnail of B1_01_Ira_Nurmadiah_18016022_4378_2022.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_01_Ira_Nurmadiah_18016022_4378_2022.pdf
Download (8MB)
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini mendeskripsikan dua hal berikut. Pertama,
mendeskripsikan diksi teks prosedur siswa kelas VII SMP Negeri 3 Koto Baru
Kabupaten Dharmasraya. Kedua, mendeskripsikan struktur teks prosedur siswa
kelas VII SMP Negeri 3 Koto Baru Kabupaten Dharmasraya.
Jenis penelitian ini kualitatif dengan metode deskriptif. Data penelitian ini
adalah berupa struktur dan kebahasaan teks prosedur siswa. Sumber data
penelitian ini adalah teks prosedur siswa kelas VII SMP Negeri 3 Koto Baru
Kabupaten Dharnasraya. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui studi
dokumentasi hasil tugas siswa yang berjumlah 20 teks. Teknik pengabsahan data
dalam penelitian ini adalah teknik triangulasi. Data dianalisis dengan cara
mendeskripsikan, menganalisis, dan membahas data berdasarkan teori.
Hasil penelitian ini ada dua. Pertama, jika dilihat dari ketepatan diksi,
siswa kelas VII SMP Negeri 3 Koto Baru Kabupaten Dharmasraya sudah mampu
menguasai diksi.Hal ini dapat dibuktikan dari sebanyak 1.466 kata hanya terdapat
532 bentuk kesalahan dalam penggunaan diksi. Dari teks yang dianalisis
kesalahan yang paling dominan yaitu salah dalam pembentukan kata, kata yang
bersinonim, dan kesalahan dalam penggunaan EBI. Kedua, struktur teks prosedur.
Struktur teks prosedur terdiri dari judul, tujuan, bahan dan alat, langkah-langkah,
dan penutup. Dari 20 data penelitian semua teks prosedur memiliki judul.
Selanjutnya, tujuan. Tujuan yang ditulis siswa secara umum cukup baik dalam
menggunakan tujuan dalam membuat teks prosedur. Hal tersebut terbukti dari
semua teks prosedur yang telah dianalisis ada 19 teks yang memiliki tujuan.
Selanjutnya bahan dan alat, langkah-langkah, serta penutup. Semua teks prosedur
siswa memiliki bahan dan alat, langkah-langkah, serta penutup.
Jadi, dapat disimpulkan diksi dalam teks prosedur siswa kelas VII SMP
Negeri 3 Koto Baru Kabupaten Dharmasraya secara keseluruhan sudah cukup
tepat dalam pembuatan teks prosedur, dan dari struktur dalam teks prosedur siswa
kelas VII SMP Negeri 3 Koto Baru Kabupaten Dharmasraya secara keseluruhan
sudah cukup baik.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1 |
Depositing User: | Ridha Prima Adri S.Sos |
Date Deposited: | 02 Jun 2025 05:19 |
Last Modified: | 02 Jun 2025 05:19 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/12895 |