Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Pembelajaran IPA-Fisika Siswa SMP Kelas VIII

Saputri, Fadrina (2011) Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Pembelajaran IPA-Fisika Siswa SMP Kelas VIII. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_FADRINA_SAPUTRI_86245_474_2012.pdf] Text
B1_5_FADRINA_SAPUTRI_86245_474_2012.pdf

Download (2MB)

Abstract

Lembar kerja siswa (LKS) berbasis inkuiri terbimbing merupakan salah satu sumber bahan ajar yang materinya menyangkut keseharian siswa dilingkungannya. LKS yang banyak tersedia saat ini adalah LKS cetak yang memiliki beberapa kekurangan diantaranya hanya mencantumkan rumus-rumus dan pembahasan soal-soal dan/atau langkah kerja yang belum membantu siswa menemukan konsep pengetahuan yang akan dicapai. Tujuan umum dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan deskripsi desain produk LKS berbasis inkuiri terbimbing dan menghasilkan bahan ajar dalam bentuk LKS yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian yang dilakukan termasuk jenis Research and Development (R&D). Desain penelitian yang digunakan adalah desain eksperimen before-after yang diterapkan pada objek penelitian. Sebagai objek penelitian ada dua yaitu LKS berbasis inkuiri terbimbing dan siswa kelas IX B SMP Negeri 5 Sungai Penuh yang berjumlah 24 orang. Instrumen pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah: lembar validasi tenaga ahli, lembar uji kepraktisan menurut guru dan siswa, dan tes hasil belajar siswa. Teknik analisis produk dan data yang digunakan adalah teknik mendeskripsikan, metode grafik, analisis deskriptif, dan analisis perbandingan berkorelasi. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan dapat dikemukakan hasil penelitian. Pertama, deskripsi desain LKS berbasis inkuiri terbimbing terdiri dari empat bagian yaitu pendahuluan, kegiatan pembelajaran, pelaksanaan praktikum, dan evaluasi. Kedua, LKS berbasis inkuiri terbimbing memiliki validitas tinggi dengan rata-rata dari tenaga ahli 87,24. Ketiga, penggunaan LKS berbasis inkuiri terbimbing adalah praktis dengan nilai kepraktisan menurut tanggapan guru 88,12 dan tanggapan siswa 81,34. Keempat, penggunaan LKS berbasis inkuiri terbimbing dalam implementasi pembelajaran menurut KTSP adalah efektif yang ditandai dengan peningkatan hasil belajar Fisika siswa secara berarti.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: LKS, inkuiri terbimbing
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika-S1
Depositing User: FAUZZIYAH FAUZZIYAH
Date Deposited: 02 Jun 2025 05:18
Last Modified: 02 Jun 2025 05:18
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/12890

Actions (login required)

View Item
View Item