Pelaksanaan Program Aplikasi Pelayanan Pelanggan Terpusat (AP2T) di PT. PLN Rayon Belanti Padang

Irza, Fadli (2016) Pelaksanaan Program Aplikasi Pelayanan Pelanggan Terpusat (AP2T) di PT. PLN Rayon Belanti Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_FADLI_IRZA_1101605_1698_2016.pdf] Text
B1_5_FADLI_IRZA_1101605_1698_2016.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya masalah yang ditemukan dalam pelaksanaan program Aplikasi Pelayanan Pelanggan Terpusat (AP2T) di PT. PLN Rayon Belanti Padang, seperti seringnya terjadi permasalahan jaringan dan server pada program Aplikasi Pelayanan Pelanggan Terpusat (AP2T), karyawan yang tidak semua mengikuti pelatihan penggunaan AP2T, dan masih banyaknya masyarakat yang belum mengetahui program AP2T. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pelaksanaan program Aplikasi Pelayanan Pelanggan Terpusat (AP2T) di PT PLN Rayon Belanti Padang serta mengidentifikasi faktor penghambatnya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Pemilihan informan dilakukan dengan teknik purposive sampling dan insedental sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Jenis datanya adalah data primer dan data sekunder. Sedangkan uji keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi sumber. Kemudian data dianalisis dengan cara reduksi data, analisis data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi yang diperoleh selama penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan program Aplikasi Pelayanan Pelanggan Terpusat (AP2T) di PT PLN (Persero) Rayon Belanti Padang belum terlaksana dengan optimal, dari empat indikator terkait unsur-unsur pelayanan yaitu personil, sarana prasarana, dan masyarakat sebagai pelanggan, beberapa dari unsur tersebut sudah terlaksana dengan baik seperti sistem pelayanan kepada pelanggan menjadi terpusat, dapat dilakukan secara online serta sudah sesuai dengan standar operating procedure (sop). Kemudian personil yaitu karyawan yang juga sangat terbantu dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, dan juga sarana prasarana yang sudah memadai disediakan oleh PLN untuk pelanggannya. Yang menjadi permasalahan atau kendala yang terjadi selama pelaksanaan program Aplikasi Pelayanan Pelanggan Terpusat (AP2T) yaitu terkait aspek masyarakat sebagai pelanggan, yang mana masih adanya pelanggan yang tidak mengetahui bahwa PLN telah menggunakan Aplikasi Pelayanan Pelanggan Terpusat (AP2T) yang sudah bisa di akses oleh masyarakat guna mempermudah masyarakat dalam meminta pelayanan listrik kepada PLN. Selanjutnya yaitu kendala dari karyawan PLN yang belum keseluruhan mampu mengoperasikan aplikasi dengan maksimal, hal tersebut dikarenakan karyawan tidak mengikuti pelatihan yang ada.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Aplikasi Pelayanan Pelanggan Terpusat (AP2T)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
T Technology > T Technology (General)
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Administrasi Negara-S1
Depositing User: FAUZZIYAH FAUZZIYAH
Date Deposited: 02 Jun 2025 05:17
Last Modified: 02 Jun 2025 05:17
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/12883

Actions (login required)

View Item
View Item