Santi, Afri (2016) Pelaksanaan Belajar Tambahan pada Mata Pelajaran Sosiologi bagi Siswa Kelas XII di SMA Negeri 3 Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_4_ AFRI_SANTI_1201802_5117_2016.pdf [thumbnail of B1_4_ AFRI_SANTI_1201802_5117_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_4_ AFRI_SANTI_1201802_5117_2016.pdf
Download (2MB)
Abstract
Pelaksanaan belajar tambahan pada mata pelajaran Sosiologi merupakan salah satu upaya SMA Negeri 3 Pariaman untuk mengantisipasi rendahnya hasil ujian nasional siswa tiap tahunnya. Idealnya dengan adanya belajar tambahan siswa mampu meningkatkan prestasi belajarnya dengan memperoleh nilai ujian nasional yang meningkat tiap tahunnya. Namun, berdasarkan data yang diperoleh nilai ujian nasional siswa pada mata pelajaran Sosiologi mengalami penurunan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan belajar tambahan pada mata pelajaran Sosiologi dan mengetahui hambatan dalam pelaksanaan belajar tambahan pada mata pelajaran Sosiologi bagi siswa SMAN 3 Pariaman. Penelitian ini menggunakan teori struktural fungsional dengan konsep AGIL yang dikemukakan oleh Talcott Parson. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif, pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi partisipasi pasif, wawancara mendalam dan dokumentasi. Informan penelitian adalah 37 orang yaitu guru, siswa dan orang tua siswa SMA Negeri 3 Pariaman yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Validitas data menggunakan teknik triangulasi data. Data dianalisis dengan menggunakan model analisis interaktif dari Matthew B Miles dan A. Michael Huberman (reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan). Adapun pelaksanaan belajar tambahan adalah (a) Waktu dan tempat pelaksanaan belajar tambahan, (b) Pelaksana belajar tambahan, (c) Sarana dan prasarana, (d) Materi, (e) Keterlibatan orang tua. Adapun hambatannya yaitu (a) Kurangnya persiapan pelaksanaan belajar tambahan, (b) Siswa dan guru kelelahan, (c) Tidak adanya aturan yang tegas. Ketercapaian pelaksanaan belajar tambahan pada mata pelajaran Sosiologi bagi siswa kelas XII di SMA Negeri 3 Pariaman memiliki pengaruh yang besar dalam meningkatkan nilai ujian nasional dan kelulusan siswa. Temuan dilapangan menunjukkan bahwa pelaksanaan belajar tambahan pada mata pelajaran Sosiologi bagi kelas XII di SMA Negeri 3 Pariaman belum dapat dilaksanakan secara maksimal.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | BELAJAR TAMBAHAN, MATA PELAJARAN SOSIOLOGI |
Subjects: | H Social Sciences > HM Sociology L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi-S1 |
Depositing User: | Fitri Yelli S.Sos |
Date Deposited: | 02 Jun 2025 05:17 |
Last Modified: | 02 Jun 2025 05:17 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/12881 |