Model Pembelajaran Antikorupsi di Sekolah Menengah Atas Kota Padang

Montesori, Maria (2013) Model Pembelajaran Antikorupsi di Sekolah Menengah Atas Kota Padang. Doctoral/Disertasi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_9_MARIA_MONTESSORI_11064_478_2013.pdf] Text
B1_9_MARIA_MONTESSORI_11064_478_2013.pdf

Download (278kB)

Abstract

Pembelajaran antikorupsi yang merupakan bagian dari Pendidikan
kewarganegaraan di sekolah menengah atas belum terlaksana sebagaimana
seharusnya. Guru membelajarkan siswa tentang antikorupsi hanya fokus pada ranah
kognitif dan tanpa mempunyai acuan atau model yang dapat dipedomani. Penelitian
ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran antikorupsi yang dapat
dipergunakan guru sebagai acuan dalam melaksanakan pembelajaran antikorupsi di
sekolah.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian pengembangan (R&D) yang terbagi
atas dua tahap yaitu tahap pendahuluan yang menggunakan pendekatan deskriptif
kualitatif dan tahap pengembangan yang diikuti dengan ujicoba secara kuantitatif.
Secara umum penelitian ini mengikuti beberapa langkah penelitian yaitu: (1)
deskripsi potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain model, (4) FGD,
(5) revisi model, (6) validasi model oleh pakar, (7) revisi model, (8) uji coba model,
(9) revisi model, dan (10) model yang dihasilkan. Data dalam penelitian ini terdiri
atas data kualitatif dan data kuantitatif. Data tahap pendahuluan yang bersifat
kualitatif dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara dan studi dokumentasi,
dan dianalisis menggunakan formula Creswell. Data ujicoba dikumpulkan dengan
menggunakan test dan angket dan dianalisis menggunakan tehnik statistik, uji t
Temuan penelitian terkait dengan realitas pembelajaran PKn tentang korupsi
menunjukkan bahwa (1) Perencanaan pembelajaran yang dibuat guru masih lebih
berperan sebagai alat administratif dari pada pedoman dalam melaksanakan
pembelajaran.(2) Pembelajaran tentang antikorupsi belum sesuai dengan sasaran
pendidikan antikorupsi (3) Pembelajaran tentang antikorupsi masih bersifat
konvensional dengan dominasi guru yang kuat, belum menggunakan media, dan
belum memanfaatkan sumber belajar secara optimal, (4) evaluasi pembelajaran
dilakukan dengan cara test tertulis menggunakan soal yang ada dalam buku paket
dan soal yang disusun guru dengan sasaran kognitif saja.
Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Model pembelajaran antikorupsi untuk
siswa sekolah menengah atas, dan (2) Contoh perangkat pembelajaran yang disusun
berdasarkan model yang dikembangkan. Di samping itu hasil uji coba model pada
kelompok terbatas menunjukkan bahwa model terbukti efektif untuk digunakan
karena (1) Mampu meningkatkan hasil belajar siswa secara signifikan, (2) Siswa
memberikan persepsi yang positif terhadap model pembelajaran, (3) Dapat
mengaplikasikan berbagai prinsip pembelajaran yang baik

Item Type: Thesis (Doctoral/Disertasi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Pembelajaran Antikorupsi
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Ilmu Pendidikan-S3
Depositing User: Melinda Febrianti S.IP
Date Deposited: 02 Jun 2025 03:50
Last Modified: 02 Jun 2025 03:50
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/12857

Actions (login required)

View Item
View Item