Amri, Ilham Wahyudi (2022) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assited Individualization(TAI) Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 1 Padang Ganting Kabupaten Tanah Datar. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_01_Ilham_wahyudi_amri_17029094_1755_2022.pdf [thumbnail of B1_01_Ilham_wahyudi_amri_17029094_1755_2022.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_01_Ilham_wahyudi_amri_17029094_1755_2022.pdf
Download (5MB)
Abstract
Pemahaman konsep matematika merupakan pondasi awal pembelajaran
matematika. Dengan memahami konsep matematika peserta didik memiliki bekal
dasar yang baik untuk mencapai kemampuan dasar yang lain seperti penalaran,
komunikasi, koneksi, sampai pemecahan masalah. Kenyataannya, pemahaman
konsep matematis peserta didik SMP Negeri 1 Padang Ganting masih
rendah.Solusi dari permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan model
pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization(TAI). Tujuan
penelitian ini yaitu untuk untuk mendeskripsikan pemahaman konsep matematis
peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TAIdengan
pemahaman konsep matematis peserta didik yang belajar dengan model
pembelajaran langsung.
Jenis penelitian adalah quasi-eksperiment dan deskriptif dengan rancangan
penelitian Static Group Design. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas 7
SMP Negeri 1 Padang Ganting tahun pelajaran 2021/2022. Sampel penelitian
adalah kelas VII.A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.B sebagai kelas
kontrol. Instrumen pada penelitian ini yaitu tes pemahaman konsep matematis.
Data perkembangan pemahaman konsep matematis dideskripsikan melalui hasil
kuis selama penelitian, sedangkan tes akhir dianalisis menggunakan uji-t.
Berdasarkan analisis hasil kuis, diperoleh perkembangan pemahaman
konsep matematis cenderung meningkatselama diterapkan model pembelajaran
kooperatif tipe TAI. Pada analisis tes akhir diperoleh P-value = 0,046 kurang dari
= 0,05, artinya pemahaman konsep matematis peserta didik yang belajar
dengan model pembelajaran kooperatif tipe TAI lebih baik daripada pemahaman
konsep matematis peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran
langsung
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S1 |
Depositing User: | Ridha Prima Adri S.Sos |
Date Deposited: | 02 Jun 2025 02:50 |
Last Modified: | 02 Jun 2025 05:22 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/12847 |