Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan pada Uji Berkala Kendaraan Bermotor di UPT-PKB Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kota Padang

Syafitri, Dessy Ayu (2015) Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan pada Uji Berkala Kendaraan Bermotor di UPT-PKB Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_4_DESSY_AYU_SYAFITRI_18522_1314_2015.pdf] Text
B1_4_DESSY_AYU_SYAFITRI_18522_1314_2015.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh
kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada uji berkala kendaraan
bermotor di UPT-PKB Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kota
Padang. Latar belakang dilakukannya penelitian ini karena adanya
ketidakpuasan masyrakat atas pelayanan yang diterimanya dari petugas.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif assosiatif. Dengan
populasi penelitiannya yaitu masyarakat/orang yang sedang melakukan uji
berkala pada kendaraan bermotor. Pengambilan sampel menggunakan teknik
Accidental Sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan
kuesioner dengan skala likert. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan
menggunakan analisis regresi sederhana.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan yang diberikan
oleh Unit Pelayanan Teknis Pengujian Kendaraan Bermotor berada pada
kategori cukup, dimana diperoleh nilai TCR kualitas pelayanan sebesar
68,16% . Sedangkan tingkat kepuasan pelanggan berada pada kategori cukup
baik juga, dengan perolehan nilai TCR sebesar 71,41%. Dari hasil uji hipotesis
, terdapat pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada uji
berkala kendaraan di Unit Pelayanan Teknis Pengujian kendaraan Bermotor
Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kota Padang dengan nilai
signifikansi yang diperoleh adalah sebesar 0,001. Sedangkan hasil uji hipotesis
dengan analisis regresi sederhana diperoleh nilai R sebesar 0,332 dan nilai
Adjusted R Square sebesar 0,101. Hal ini menunjukkan bahwa kualitas
pelaynan memiliki pengaruh terhadap kepuasan pelanggan di uji berjala
kendaraan bermotor. Besar pengaruh tersebut adalah sebesar 10.1% sementara
itu 89.9% dipengaruhi oleh faktor lain

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Administrasi Negara-S1
Depositing User: Dina Aulia Sari S.IP
Date Deposited: 02 Jun 2025 02:49
Last Modified: 02 Jun 2025 06:29
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/12834

Actions (login required)

View Item
View Item