Mardiah, Fitriyatul (2015) Hubungan Kemandirian Belajar dengan Hasil Belajar Sosiologi Siswa di Kelas XI IPS SMA Adabiah 2 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_4_FITRIYATUL_MARDIAH_55319_4136_2015.pdf [thumbnail of B1_4_FITRIYATUL_MARDIAH_55319_4136_2015.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_4_FITRIYATUL_MARDIAH_55319_4136_2015.pdf
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran sosiologi di SMA Adabiah 2 Padang. Hal ini terlihat dari hasil ujian Mid semester dari 118 orang siswa ternyata 96 siswa belum mencapai kriteria ketuntasan minimum (KKM). Rendahnya hasil belajar siswa tersebut diasumsikan oleh kemandirian belajar siswa dalam proses pembelajaran sosiologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan kemandirian belajar dengan hasil belajar sosiologi siswa di kelas XI IPS Adabiah 2 Padang.
Jenis penelitian ini adalah Ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah 118 siswa di kelas XI IPS di SMA Adabiah 2 Padang. Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 54 orang yang ditentukan dengan menggunakan rumus Slovin dengan teknik pengambilan sampel yaitu Proportional Random Sampling. Data mengenai kemandirian belajar diperoleh melalui penyebaran angket kepada siswa kelas XI IPS di SMA Adabiah 2 Padang. Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan rumus Korelasi Product Moment.
Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara kemandirian belajar dengan hasil belajar siswa di kelas XI IPS SMA Adabiah 2 Padang. Dari hasil uji hipotesis dengan rumus korelasi product moment diperoleh nilai rhitung 0.430 lebih besar dari nilai rtabel 0.266. hal ini berarti terdapat hubungan yang signifikan antara kemandirian belajar dengan hasil belajar. Dari hasil uji hipotesis untuk melihat hubungan kemandirian belajar pada setiap indikator terdapat semua indikator kemandirian belajar berkorelasi yaitu pada indikator memiliki hasrat bersaing, adanya inisiatif untuk mengatasi masalah, percaya diri dan indikator bertanggung jawab.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa peningkatan hasil belajar sosiologi dapat dilakukan dengan upaya meningkatkan kemandirian belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HM Sociology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi-S1 |
Depositing User: | Umma Mardhotillah A.Md. |
Date Deposited: | 02 Jun 2025 02:49 |
Last Modified: | 02 Jun 2025 02:49 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/12833 |