Hubungan Fanatisme dengan Perilaku Konsumtif pada K-Popers (Penggemar K-pop) Di Kota Padang

Sari, Fitri Permata (2015) Hubungan Fanatisme dengan Perilaku Konsumtif pada K-Popers (Penggemar K-pop) Di Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_4_FITRI_PERMATA_SARI_17608_1749_2015.pdf] Text
B1_4_FITRI_PERMATA_SARI_17608_1749_2015.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang terjadi pada penggemar
K-pop di kota padang. Semakin terkenalnya K-pop di mancanegara mengundang
perhatian khalayak ramai dan menyukai jenis musik dari negara korea selatan
tersebut. Dari rasa kagum, kemudian perlahan menjadi rasa kagum yang
berlebihan menimbulkan sikap fanatisme. Sikap fanatisme yang muncul secara
tidak langsung membuat para fans tersebut melakukan hal diluar batas rasional
dan munculnya perilaku konsumtif. Fans akan melakukan apapun untuk
memenuhi hasratnya untuk menunjukkan rasa cintanya pada sang idola baik itu
mengidentifikasi diri terhadap idola, membeli barang-barang yang berhubungan
dengan idolanya, bertemu dengan idola secara langsung, bahkan mengikuti idola
kemanapun idolanya beraktivitas. Sehingga secara tidak langsung fans berperilaku
konsumtif akibat dari sikap fanatismenya.
Jenis penelitian ini adalah expost facto. Populasi dalam penelitian ini
adalah K-popers (penggemar K-pop) yang mengikuti Gathering “SMTOWN IN
PADANG” pada tanggal 24 november 2013. Sampel dalam penelitian ini
menggunakan teknik random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 60 orang.
Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah dengan kuesioner atau
angket. Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan
rumus Korelasi Product Moment.
Dari hasil uji hipotesis dengan rumus product moment diperoleh nilai rhitung
0,862 sedangkan nilai rtabel 0,254, hal ini berarti terdapat hubungan signifikan
antara fanatisme dengan perilaku konsumtif K-popers dengan persentase 74,30%.
Dari hasil uji hipotesis untuk melihat hubungan antara setiap indikator fanatisme
dengan perilaku konsumtif K-popers dapat dilihat bahwa semua indikator
fanatisme memiliki hubungan dengan perilaku konsumtif K-popers pada taraf
sangat tinggi.
Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat
hubungan antara fanatisme dengan perilaku konsumtif K-popers (penggemar Kpop)
di Kota Padang. Dari uji hipotesis per indikator antara fanatisme dengan
perilaku konsumtif menunjukkan bahwa semua indikator fanatisme memiliki
hubungan dengan perilaku konsumtif.
Berdasarkan kesimpulan, disarankan agar K-popers bisa mengontrol rasa
kagumnya terhadap idola dan bisa mendahulukan mana yang menjadi prioritas,
bukan hanya sekedar kepuasaan semata. Harus bisa menilai dan memahami mana
yang patut ditiru, mana yang tidak patut ditiru dan tidak terobsesi dengan idola.
Namun juga bisa memanfaatkan rasa suka terhadap idola sebagai salah satu cara
menambah wawasan, memperluas pertemanan, dan mempelajari budaya lain.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi-S1
Depositing User: Umma Mardhotillah A.Md.
Date Deposited: 28 May 2025 08:28
Last Modified: 28 May 2025 08:29
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/12802

Actions (login required)

View Item
View Item