Mustika, Marinda (2015) Gambaran Pembinaan Kompetensi Pamong Belajar oleh Kepala Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) 1 Tanah Datar. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_4_MARINDA_MUSTIKA_96046_2544_2015.pdf [thumbnail of B1_4_MARINDA_MUSTIKA_96046_2544_2015.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_4_MARINDA_MUSTIKA_96046_2544_2015.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebagian besar pamong telah menerapkan kompetensinya dengan baik yaitu dilihat bahwa pamong sangat menguasai materi pembelajaran hal itu terlihat ketika pamong menerangkan materi di dalam kelas paket C tersebut pamong tidak terlihat membuka buku sumber. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan pembinaan kompetensi pedagogik, sosial, kepribadian dan profesional pamong belajar oleh kepala di SKB 1 Tanah Datar.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi adalah pamong belajar sebanyak 12 orang dalam penelitian ini semua populasi dijadikan sampel penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket. Teknik analisis data penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan menggunakan persentase.
Hasil penelitian menunjukkan gambaran pembinaan kompetensi pedagogik, sosial, kepribadian dan profesional pamong belajar di SKB 1 Tanah Datar terlihat baik, ini terlihat dari hasil persentase selalu dan sering yang menunjukkan angka tinggi, jadi dengan kata lain dapat dikemukakan bahwa kepala SKB telah memberikan pembinaan dalam pengembangan kompetensi pamong belajar. Saran yang dapat dikemungkakan agar kepala SKB selalu mengingatkan pembinaannya kepada seluruh pamong belajar dalam meningkatkan kinerja pamong belajar.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah-S1 |
Depositing User: | Risna Juita S.Sos |
Date Deposited: | 28 May 2025 08:28 |
Last Modified: | 28 May 2025 08:28 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/12797 |