Hubungan antara Motivasi Belajar dengan Konsentrasi Belajar Siswa

Nasution, Dita Juliana (2018) Hubungan antara Motivasi Belajar dengan Konsentrasi Belajar Siswa. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_05_DITA_JULIANA_NASUTION_1300345_740_2018.pdf] Text
B1_05_DITA_JULIANA_NASUTION_1300345_740_2018.pdf

Download (2MB)

Abstract

Konsentrasi memiliki peranan yang penting dalam belajar. Konsentrasi belajar adalah pemusatan pikiran terhadap suatu hal dengan mengenyampingkan hal lainnya yang tidak berhubungan dengan pelajaran. Siswa yang memiliki
konsentrasi belajar tinggi akan fokus pada pelajaran yang sedang dijelaskan guru,tidak mengobrol saat pelajaran berlangsung, dan tidak bermain selama pelajaran
berlangsung. Namun kenyataan yang ditemukan yaitu masih adanya siswa yang memiliki konsentrasi belajar rendah. Salah satu faktor yang memengaruhi konsentrasi dalam belajar adalah motivasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk:
(1) mendeskripsikan motivasi belajar siswa, (2) mendeskripsikan konsentrasi belajar siswa, dan (3) menguji hubungan antara motivasi belajar dengan konsentrasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis deskriptif korelasional. Populasi penelitian ini 350 siswa SMAN 3 Panyabungan dan sampel sebanyak 186 siswa yang dipilih dengan stratified random sampling. Instrumen yang digunakan adalah Skala Motivasi Belajar dan Skala Konsentrasi Belajar.Data yang dikusmpulkan dianalisis dengan teknik statistik deskriptif dan teknik Pearson Product Moment dengan bantuan program SPSS for windows 20.
Temuan penelitian memperlihatkan bahwa: (1) motivasi belajar siswa berada pada kategori tinggi (persentase rata-rata 71,25%), (2) konsentrasi belajar siswa berada pada kategori tinggi (persentase rata-rata 69,83%), (3) dan terdapat
hubungan positif yang signifikan antara motivasi belajar dengan konsentrasi belajar siswa dengan koefisien korelasi 0,753 dan taraf signifikansi 0,000.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseleling-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 28 May 2025 08:28
Last Modified: 28 May 2025 08:28
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/12796

Actions (login required)

View Item
View Item