Marida, Marida (2014) Peningkatan Kemampuan Seni Rupa Anak Melalui Media Diorama Di Paud Kasiah Bundo Guguak Naneh Kecamatan Tanjung Gadang Kabupaten Sijunjung. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_4_MARIDA_58977_2432_2014.pdf [thumbnail of B1_4_MARIDA_58977_2432_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_4_MARIDA_58977_2432_2014.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan seni rupa anak dalam : (1) menggunting pola sesuai media yang telah disiapkan, (2) membentuk pola media yang akan dibuat, dan (3) menempel media bangunan pada alas bidang datar serta hiasan yang telah disediakan, pada tahun 2013/2014 di PAUD Kasiah Bundo Guguak Naneh Kecamatan Tanjung Gadang Kabupaten Sijunjung. Tujuan dari penelitian ini untuk menggambarkan kemampuan senirupa anak pada kelompok B PAUD Kasiah Bundo Kecamatan Tanjung Gadang Kabupaten Sijunjung.
Penelitian ini berbentuk penelitian tindakan kelas (PTK) sedangkan subjek penelitian ini adalah anak kelompok B PAUD Kasiah Bundo Guguak Naneh Kecamatan Tanjung Gadang Kabupaten Sijunjung, sebanyak 10 orang. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus dan tiap siklus dilakukan sebanyak tiga kali pertemuan. Pengumpulan data berupa format observasi hasil karya dan unjuk kerja, sedangkan teknik analisa data yang dilakukan adalah analisa deskriptif dengan menggunakan rumus persentase. Manfaat dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan seni rupa anak.
Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan kemampuan anak dari siklus I ke siklus II. Hal ini berarti anak sudah mengalami peningkatan kemampuan senirupa, khususnya dalam kegiatan (1) mengunting pola sesuai media yang telah disiapkan, (2) membentuk pola sesuai media gambar yang akan dibuat (3)menempel media bangunan pdada alas bidang dasar, hasil dari kedua siklus memperlihatkan keberhasilan media diorama dalam meningkatkan kemampuan seni rupa anak. Berdasarkan kesimpulan diatas, maka saran yang dapat peneliti berikan dalam penelitian ini adalah ; Bagi guru PAUD dapat menerapkan metode bermain atau kegiatan membentuk bangunan rumah dengan berbagai alat dan media.Bagi peneliti yang ingin melanjutkan diharapkan dapat meningkatkan kemampuan seni rupa anak kearah yang lebih baik.Bagi orang tua hendaknya memahami perkembangan anak yaitu dengan memberikan kesempatan kepada anak untuk peningkatan kemampuannya.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah-S1 |
Depositing User: | Risna Juita S.Sos |
Date Deposited: | 28 May 2025 08:28 |
Last Modified: | 28 May 2025 08:28 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/12794 |