Nurdana, Fitri (2015) Penyebab Tidak Adanya Perhatian Orang Tua Terhadap Anak Dalam Mengerjakan PR (Studi Kasus: SD 13 Talamau Nagari Talu Kecamatan Talamau Pasaman Barat. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_4_FITRI_NURDANA_05713_4957_2015.pdf [thumbnail of B1_4_FITRI_NURDANA_05713_4957_2015.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_4_FITRI_NURDANA_05713_4957_2015.pdf
Download (3MB)
Abstract
Pendidikan merupakan salah satu aspek terpenting dalam pembangunan sebuah Negara. Pendidikan formal berlangsung di siklus sekolah yang merupakan tempat pelaksanaan proses belajar mengajar, pendidikan jenjang sekolah dasar (SD) sebagai tahapan pertama dalam pendidikan dasar merupakan jenjang yang paling mendasar dan merupakan fondasi pendidikan. Sekolah dasar memegang peranan yang sangat penting karena mempengaruhi keberhasilan pada jenjang berikutnya, jika seorang anak selama mengenyam pendidikan di sekolah dasar mendapat layanan pendidikan dengan baik, maka akan lebih besar peluang sukses pada jenjang pendidikan berikutnya. Di kelas IV SDN 13 Talamau ada 9 orang siswa yang tidak mengerjakan PR yang diberikan guru, sehingga berpengaruh pada nilai 9 orang siswa tersebut, nilai siswa yang tidak mengerjakan PR memiliki nilai yang rendah dibandingkan nilai siswa yang mengerjakan PR. Siswa yang tidak mengerjakan PR disebabkan karena tidak adanya bantuan dan tidak adanya perhatian orang tua terhadap PR anak saat anak terbentur mencoba membuat PR, sehingga anak tidak mengerjakan PR
Berdasarkan masalah di atas penelitian ini bertujuan untuk menndeskripsikan apa penyebab tidak adanya perhatian orang tua terhadap anak dalam mengerjakan PR. Teori yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu teori Stuktural Fungsionalisme yang dikemukakan oleh Robert K. Merton. Merton mengemukakan bahwa objek analisis sosiologi adalah fakta sosial, seperti peran sosial, pola-pola institusional proses sosial, dan sebagainya. masyarakat sebagai suatu sistem yang terdiri dari bagian-bagian yang saling berhubungan satu sama lain dan bagian yang satu tidak dapat berfungsi tanpa adanya hubungan dengan bagian yang lain.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini merupakan kualitatif dengan tipe penelitian studi kasus. Pemilihan informan secara purposive sampling sebanyak 16 orang, terdiri dari orang tuasiswa SD 13 Talamau,anak dan guru dan teteangga. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi yang dianalisis menggunakan interactive model yang dipopulerkan oleh analisis Miles dan Huberman.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyebab tidak adanya perhatian orang tua terhadap terhadap anak dalam mengerjakan PR (1) orang tua sibuk bekerja (2) tingkat ekonomi orang tua rendah (3) tingkat pendidikan orang tua rendah
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HM Sociology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi-S1 |
Depositing User: | Umma Mardhotillah A.Md. |
Date Deposited: | 28 May 2025 08:25 |
Last Modified: | 28 May 2025 08:26 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/12788 |