Harsani, Azura Carolina (2020) Kajian Keterampilan Proses Sains Pada Buku Teks Pelajaran Fisika SMA Kelas XII Semester 1. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_ AZURA_CAROLINA_HARSANI_16033087_518_2020.pdf [thumbnail of B1_5_ AZURA_CAROLINA_HARSANI_16033087_518_2020.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_ AZURA_CAROLINA_HARSANI_16033087_518_2020.pdf
Download (8MB)
Abstract
Pada Pembelajarn Fisika Kurikulum 2013 lebih menekankan pada pembelajaran Proses menggunakan pendekatan Keterampilan Proses untuk Meningkatkan Keterampilan Ilmiah Pesrta Didik. Berdasarkan hasil observasi dilapangan didapatkan bahwa Keterampilan proses belum berjalan dengan maksimal. Observasi yang dilakukan berupa wawancara terhadap guru dan peserta didik pada tiga sekolah yang ada dikota padang, hasil yang didapatkan pada wawancara terhadap guru dan peserta didik masih dikategorikan rendah. Dari berbagai media dan sumber yang ada. Sumber belajar yang menjadi pedoman utama guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran adalah buku Teks Pelajaran. Namun, buku teks yang digunakan pada SMA di Sumatera Barat Sangatlah beragam, dan belum diketahui buku mana yang dapat memfasilitasi terlaksananya KPS. untuk mengetahui buku teks yang digunakan oleh sekolahsekolah maka dilakukan survey. Setelah dilakukan survey didapatkan 4 Buku terbanyak yang digunakan dan yang direkomendasikan oleh pemerintah. Instrumen Penelitiann menggunakan indikator Keterampilan Proses yang terdapat pada materi Listrik arus serah, Listrik statis, Medan magnetik, Induksi elektromagnetik, Rangkaian arus bolak-balik, dan Gelombang elektromagnetik. Pada instrumen yag digunakan tersebut terdapat 10 komponen keterampilan proses Sains menurut Rustaman, yang dijabarkan menjadi 32 indikator Keterampilan Proses. Setiap Indikator dijabarkan menjadi butir Instrumen. Instrumen sudah divalidasi oleh tiga ahli. Pada ahli pertama didapatkan hasil skor 0,98% dengan kategori sangat valid, pada ahli kedua didapatkan skor 0,96% dengan kategori sangat valid, dan pada ahli ketiga didapatkan skor 0,85% dengan kategori sangat valid. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu studi dokumen, teknik analisis data yang digunakan kajian isi. Hasil Penelitian diperoleh bahwa Buku Teks Pelajar Fisika KK-GR merupakan buku yang memiliki sajian KPS tertinggi yaitu dengan rata-rata presentase 51,8% dengan kategori cukup memfasilitasi, sedangkan buku MK-ER merupakan buku yang memiliki tingkat sajian KPS paling rendah yaitu dengan rata-rata presentase 44,56% dengan kategori cukup memfasilitasi Pada buku MKER sajian Keterampilan tertingi terdapat pada materi Listrik Statis dengan 57,7% dikategorikan “Cukup Memfasilitasi”, Pada buku KK-GR sajian Keterampilan paling tinggi yaitu pada materi Listrik Statis dengan skor 58% dikategorikan “Cukup Memfasiliasi”, dan pada buku SP-YW Sajian Keterampilan KPS paling tinggi yaitu pada materi Listrik arus searah dengan skor 61,2% dikategorikan “Dapat Memfasiliasi”.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan Proses Sains, Buku Teks Pelajaran, Fisika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1 |
Depositing User: | MUKHLIS MUKHLIS |
Date Deposited: | 28 May 2025 08:18 |
Last Modified: | 28 May 2025 08:18 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/12773 |