Rahmi, Alvi (2016) Profil Kebiasaan Belajar Peserta Didik yang Mendapatkan Nilai di Bawah Kriteria Ketuntasan Minimal dan Implikasinya dalam Layanan Bimbingan dan Konseling. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_ ALVI_RAHMI_1200515_4574_2017.pdf [thumbnail of B1_5_ ALVI_RAHMI_1200515_4574_2017.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_ ALVI_RAHMI_1200515_4574_2017.pdf
Download (1MB)
Abstract
Belajar adalah suatu proses usaha yang dilakukan individu untuk memperoleh perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan. Salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar adalah kebiasaan belajar. Kenyataan di lapangan masih banyak peserta didik yang memiliki kebiasaan belajar yang kurang baik, seperti tidak mau bertanya saat proses belajar mengajar, tidak memiliki referensi yang lengkap saat belajar, belum dapat fokus dalam menerima pelajaran dari guru, jarang membaca buku dan tidak memiliki catatan yang lengkap, sering terlambat mengumpulkan tugas, tidak mengerjakan tugas dengan baik, dan bahkan tidak membuat tugas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) profil kebiasaan belajar peserta didik dalam aspek persiapan keperluan belajar, pengaturan waktu, keteraturan belajar, ketuntasan belajar serta mengunjungi perpustakaan, (2) implikasi profil kebiasaan belajar peserta didik yang mendapatkan nilai di bawah kriteria ketuntasan minimal dalam layanan bimbingan dan konseling. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan metode kuantitatif. Subjek penelitian adalah peserta didik yang mendapatkan nilai di bawah KKM di SD N 19 Padang Magek pada kelas VA dan VB berjumlah 30 orang. Instrumen yang digunakan adalah skala model Likert. Data dianalisis dengan teknik persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebiasaan belajar peserta didik yang mendapatkan nilai di bawah KKM secara keseluruhan dikategorikan cukup baik. Selanjutnya kebiasaan belajar pada aspek persiapan keperluan belajar berada pada kategori baik, kebiasaan dalam mengatur waktu berada pada kategori cukup baik, kebiasaan dalam keteraturan belajar berada pada kategori baik, dan kebiasaan dalam ketuntasan belajar serta mengunjungi perpustakaan berada pada kategori cukup baik. Disarankan kepada peserta didik yang memiliki kebiasaan belajar pada kategori kurang baik, cukup baik bahkan baik hendaknya berusaha untuk memperbaiki serta meningkatkan kebiasaan belajar, kemudian kepada guru kelas sebagai guru bimbingan dan konseling agar memberikan layanan informasi dan layanan penguasaan konten dengan materi yang sesuai dengan hasil penelitian.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kebiasaan Belajar, Nilai, Kriteria Ketuntasan Minimal |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseleling-S1 |
Depositing User: | MUKHLIS MUKHLIS |
Date Deposited: | 28 May 2025 08:17 |
Last Modified: | 28 May 2025 08:17 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/12769 |