Motivasi Belajar Siswa yang Berasal dari Keluarga Miskin dan Implikasinya terhadap Layanan Bimbingan dan Konseling

Candra, Ade (2016) Motivasi Belajar Siswa yang Berasal dari Keluarga Miskin dan Implikasinya terhadap Layanan Bimbingan dan Konseling. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_ ADE_CANDRA_96092_5975_2016.pdf] Text
B1_5_ ADE_CANDRA_96092_5975_2016.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kemiskinan merupakan salah satu hambatan dalam pendidikan, kenyataannya faktor kemiskinan dapat mempengaruhi motivasi belajar siswa SMP 19 Kota Padang. Masih ada siswa yang memiliki motivasi belajar rendah, motivasi merupakan faktor yang sangat besar pengaruhnya pada proses belajar siswa. Tanpa adanya motivasi maka proses belajar siswa akan sukar berjalan secara lancar. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengungkapkap motivasi belajar siswa yang berasal dari keluarga miskin. Jenis penelitian ini tergolong pada deskriptif. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII dan VIII, teknik pengumpulan data menggunakan metode angket. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik persentase. Berdasarkan hasil penelitian ini terungkap motivasi belajar siswa berada pada kategori tinggi, yaitu subvariabel tekun mengerjakan tugas (86.4%), ulet (55,4%), mandiri (70.3%), dapat mempertahankan pendapatnya (63,5%), tidak mudah melepaskan hal yang diyakininya (70,2%), dan senang memecahkan masalah (77,1%). Berdasarkan temuan penelitian, disarankan agar konselor dapat memberikan pelayanan bimbingan dan konseling seperti layanan informasi, layanan perorangan, bimbingan kelompok dan konseling kelompok agar dapat meningkatkan motivasi belajar menjadi lebih baik lagi.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Motivasi, Keluarga Miskin, Siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseleling-S1
Depositing User: MUKHLIS MUKHLIS
Date Deposited: 28 May 2025 08:17
Last Modified: 28 May 2025 08:17
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/12766

Actions (login required)

View Item
View Item