Ardila, Prima (2014) An Analysis of Politeness Strategy Used by Seller and Buyer in Traditional Market Pasa Lamo Lubuk Sikaping. Bachelor/Tugas Akhir thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_4_PRIMA_ARDILA_54636_6046_2014.pdf [thumbnail of B1_4_PRIMA_ARDILA_54636_6046_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_4_PRIMA_ARDILA_54636_6046_2014.pdf
Download (717kB)
Abstract
Makalah ini dibuat bertujuan untuk mengetahui strategi kesantunan yang digunakan oleh penjual dan pembeli di Pasa Lamo Lubuk Sikaping. Sumber data diperoleh dari percakapan penjual dan pembeli yang kemudian dianalisa secara pragmatis menggunakan teori politeness strategy yang dikemukakan oleh Brown dan Levinson yang terdiri dari empat strategi yaitu: positive politeness, negative politeness, bald-on record dan off-record. Dari analisa yang dilakukan, penulis menemukan strategi kesantunan yang digunakan penjual adalah sebagai berikut: strategi kesantunan positif (70.5%), strategi bald on record dan off record ditemukan dalam jumlah persentase yang sama (11.8%) , dan yang terakhir ditemukan strategi kesantunan negatif sebagai strategi yang paling jarang digunakan (5.9%). Sementara itu, hasil analisa strategi kesantunan yang digunakan oleh pembeli yaitu, strategi kesantunan positif(40%), bald on record (32%), off record (20%) dan strategi kesantunan negatif (8%).
Item Type: | Thesis (Bachelor/Tugas Akhir) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | politeness strategy, positive politeness, negative politeness, bald on record and off record. |
Subjects: | L Education > L Education (General) P Language and Literature > PE English P Language and Literature > PR English literature |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Sastra Inggris-S1 |
Depositing User: | FAUZZIYAH FAUZZIYAH |
Date Deposited: | 28 May 2025 08:15 |
Last Modified: | 28 May 2025 08:15 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/12756 |