Hubungan Pemahaman Nilai Sosial dengan Sikap Sosial Peserta Didik Kelas XI IIS di SMA Negeri 5 Kabupaten Tebo Provinsi Jambi

Arinda, Pretty Eristia (2015) Hubungan Pemahaman Nilai Sosial dengan Sikap Sosial Peserta Didik Kelas XI IIS di SMA Negeri 5 Kabupaten Tebo Provinsi Jambi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_4_PRETTY_ERISTIA_ARINDA_18622_4663_2015.pdf] Text
B1_4_PRETTY_ERISTIA_ARINDA_18622_4663_2015.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena yang terjadi pada peserta didik kelas XI IIS di SMA Negeri 5 Kabupaten Tebo Provinsi Jambi yaitu kurang konsistennya antara pemahaman nilai sosial dengan sikap sosial mereka, yang mana pendidikan bertujuan untuk menbangun sikap dan perilaku sosial peserta didik seperti kepekaan, kesadaran serta kepedulian sosial dalam memahami fenomena sosial yang terjadi di lingkungan masyarakat. Sehubungan dengan itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara pemahaman nilai sosial dengan sikap sosial peserta didik di SMA Negeri 5 Kabupaten Tebo Provinsi Jambi.. Jenis penelitian ini adalah ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IIS yang berjumlah 86 orang. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 46 orang yang ditentukan mengggunakan rumus Slovin dengan teknik pengambilan sampel yaitu Proportionate Random Sampling. Data pemahaman nilai sosial dan sikap sosial peserta didik diperoleh dari penyebaran angket. Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan aplikasi SPSS 16.0 dengan rumus Korelasi Pearson Product Moment. Dari analisis data hasil penelitian diperoleh koefisien korelasi r hitung -0,041 < r tabel 0,355. Hal ini menunjukkan bahwa secara umum tidak terdapat hubungan antara pemahaman nilai sosial dengan sikap sosial peserta didik kelas XI IIS SMA Negeri 5 Kabupaten Tebo Provinsi Jambi. Berdasarkan uji hipotesis per indikator antara pemahaman nilai sosial dengan sepuluh indikator sikap sosial diperoleh hasil bahwa hanya ada satu indikator yang memiliki korelasi, yaitu indikator berperilaku jujur. Selanjutnya, Sembilan indikator lain yaitu disiplin, tanggung jawab, gotong royong, kerjasama, toleran, damai, santun, responsif, dan pro-aktif, diperoleh hasil r hitung < r tabel. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat hubungan antara pemahaman nilai sosial dengan sikap sosial peserta didik kelas XI IIS di SMA Negeri 5 Kabupaten Tebo Provinsi Jambi. Rendahnya sikap sosial peserta didik dipengaruhi oleh faktor atribusi internal, atribusi ekternal, dan atribusi internal-eksternal. Berdasarkan kesimpulan, disarankan kepada peserta didik agar mengaplikasikan nilai-nilai yang dipahami dalam pembelajaran sosiologi khususnya pada materi yang terkait dengan nilai sosial dalam berperilaku dan berinteraksi di kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Nilai Sosial, Sikap Sosial Peserta Didik
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi-S1
Depositing User: FAUZZIYAH FAUZZIYAH
Date Deposited: 28 May 2025 08:14
Last Modified: 28 May 2025 08:14
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/12749

Actions (login required)

View Item
View Item