Adha, Zainul (2018) Pembuatan Bahan Ajar Fisika Berorientasi Model Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis (MPPKB) Pada Materi Pengukuran dan Vektor Kelas X SMA Semester I. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_05_ZAINUL_ADHA_1301652_564_2018.pdf [thumbnail of B1_05_ZAINUL_ADHA_1301652_564_2018.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_05_ZAINUL_ADHA_1301652_564_2018.pdf
Download (1MB)
Abstract
Karakteristik pembelajaran fisika SMA dalam materinya mengandung kebutuhan peserta didik untuk berpikir kritis. Berpikir kritis diperlukan dalam rangka memecahkan suatu permasalahan sehingga diperoleh keputusan yang cepat dan tepat. Pengembangan kemampuan berpikir kritis dapat dilakukan dengan pembaruan bahan ajar yang mendukung kemampuan berpikir kritis siswa. Kenyataan di sekolah menunjukkan bahwa saat pelaksanaan pembelajaran fisika sudah menggunakan bahan ajar, namun belum memuat kemampuan berpikir kritis siswa. Salah satu solusi yang dilakukan yaitu dengan membuat bahan ajar model pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir kritis. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menghasilkan bahan ajar model pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir kritis pada materi pengukuran dan vektor dengan validitas dan tanggapan yang baik. Penelitian yang dilaksanakan termasuk jenis Research and development (R&D). Objek dari penelitian yaitu bahan ajar model pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir kritis pada materi pengukuran dan vektor. Instrumen pengumpul data yang digunakan dalam penelitian yaitu lembar uji validitas dan lembar tanggapan guru dan peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis validitas produk dan analisis tanggapan guru dan peserta didik. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan dapat dikemukakan hasil penelitian bahwa bahan ajar model pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir kritis pada materi pengukuran dan vektor kelas X memiliki validitas tinggi dengan rata-rata validasi bahan ajar 88,58 % dengan deskripsi yang sudah memenuhi unsur-unsur dari bahan ajar yang dikembangkan. Penggunaan bahan ajar model pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir kritis pada materi pengukuran dan vektor kelas X mendapat tanggapan yang baik dari guru dan peserta didik terhadap bahan ajar yang dibuat.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | MPPKB, critical thinking skills |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1 |
Depositing User: | MUKHLIS MUKHLIS |
Date Deposited: | 28 May 2025 08:13 |
Last Modified: | 28 May 2025 08:13 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/12740 |