Lenggogeni, Putri (2014) Dinamika Proses Belajar Siswa Jurusan Bahasa di SMA Pembangunan Laboratorium UNP. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_4_PUTRI_LENGGOGENI_55338_538_2015.pdf [thumbnail of B1_4_PUTRI_LENGGOGENI_55338_538_2015.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_4_PUTRI_LENGGOGENI_55338_538_2015.pdf
Download (3MB)
Abstract
Di SMA terdapat tiga penjurusan yakni jurusan IPA, IPS, dan Bahasa. Namun jurusan bahasa mempunyai kedudukan yang menjadi jurusan terbelakang yang masih dianggap jurusan yang kurang bagus, serta kurangnya dukungan dari orang tua karena anak-anaknya masuk jurusan bahasa, oleh karena itu akan mempengaruhi proses belajar siswa maka, peneliti ingin melihat proses belajar siswa jurusan bahasa tahun ajaran 2012/2013-2013/2014. Tujuan peneliti adalah untuk mengetaui tentang dinamika proses belajar siswa jurusan bahasa di SMA Pembangunan Laboratorium UNP.
Dalam menganalisis penelitian ini, peneliti menggunakan Pendekatan yang berasal dari teori belajar. Menurut teori behavioristic dari Thorndike, belajar adalah perubahan tingkah laku sebagai akibat dari adanya bentuk perubahan yang dialami siswa dalam hal kemampuannya untuk bertingkah laku dengan cara yang baru sebagai hasil interaksi antara stimulus dan respon (R-S).
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe studi kasus. Teknik pemilihan informan yaitu dengan puposive sampling dengan jumlah informan sebanyak 34 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan wawancara mendalam. Validitas data dilakukan dengan teknik triangulasi data. Analisis data yang dilakukan adalah model analisis interaktif yang dikemukakan oleh Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan mulai dari disiplin siswa pada tahun ajaran 2012/2013 yang sangkat kurang, dari masuk sekolah sering terlambat, keluar masuk pada jam pelajaran. Pada saat mereka mengerjakan tugas yang selalu mencontoh pekerjaan teman serta merasa bosan saat belajar. Prestasi yang mereka dapatkan dijurusan bahasa sangat kurang dan jarang mengikuti kegiatan yang diadakan di sekolah. Seiring berjalannya waktu tahun ajaran 2013/2014 siswa sudah mulai disiplin, sudah mulai mengerjakan tugas sendiri dan mampu bersaing dengan teman sekelas serta memiliki prestasi yang bagus, ini dikarenakan adanya perhatian ekstra dan masukan semangat dari guru terhadap siswa jurusan bahasa dan fasilitas gbelajar yang sudah mulai mencukupi. Maka dinamika belajar pada siswa jurusan bahasa pada tahun ajaran 2013/2013 ke tahun ajaran 2013/2014 dapat dilihat pada pola dalam belajar yang terus berkembang dari tingkat yang rendah ke tingkat yang lebih tinggi dari disiplin, mengerjakan tugas dan prestasi.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Proses Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi-S1 |
Depositing User: | Nurismen Nurismen S.Sos |
Date Deposited: | 28 May 2025 08:09 |
Last Modified: | 28 May 2025 08:09 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/12723 |