Perawati, Perawati (2012) Pengaruh Model Cooperative Integrated Reading and Composition terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sosiologi di SMA N 5 Sijunjung. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_4_PERAWATI_84785_3268_2012.pdf [thumbnail of B1_4_PERAWATI_84785_3268_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_4_PERAWATI_84785_3268_2012.pdf
Download (525kB)
Abstract
Hasil belajar Sosiologi pada siswa di SMA N 5 Sijunjung masih rendah khususnya pada pemahaman konsep dan memberi contoh sesuai dengan lingkungan sehari-hari siswa. Hal ini disebabkan oleh: 1) Rata-rata siswa belum mampu membangun dan mengembangkan pengetahuannya terhadap materi yang dipelajari sehingga hanya sebagian siswa yang mampu memberikan contoh. 2) Metode pembelajaran yang digunakan guru membuat siswa kurang termotivasi. Untuk mengatasi permasalahan tersebut peneliti menggunakan model pembelajaran cooperative integrated reading and composition untuk diujicoba (eksperimen) dalam mata pelajaran sosiologi di kelas X SMA N 5 Sijunjung yang bertujuan untuk membangun pengetahuan pemahaman siswa mengenai konsep. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model cooperative integrated reading and composition (CIRC) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sosiologi di SMA N 5 Sijunjung. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah semua kelas X SMA N 5 Sijunjung tahun pembelajaran 2011/2012. Pengambilan sampel dengan memakai teknik total sampling , dari empat kelas dipilih dua kelas yaitu X.2 sebagai kelas eksperimen dan X.3 sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data penelitian adalah uji hipotesis melalui uji t taraf nyata 0.05 dengan df 68 dan t = 2.00 Setelah dianalisis maka hasil setiap komponen dasar materi nilai dan norma sosial adalah: (pengertian dengan t hit tabel 5,73 tujuan dengan t 3,38, fungsi dengan t hit , 2,26, ciri-ciri dengan t hit 2,25, jenis-jenis dengan t 5,7 faktor penyebab dengan t hit , 2,27 dampak dengan t 2,28 dan proses terbentuknya dengan t hit hit 3,91. Jadi cooperative integrated reading and composition cocok digunakan pada setiap komponen konsep yang ada pada materi nilai dan norma sosial. Pada hasil penelitian secara keseluruhan pada soal konsep memberikan contoh menunjukkan rata-rata pada tes posttest pada kelas eksperimen adalah 13,5 sedangkan kelas kontrol adalah 7,74. Hasil analisis diperoleh t 5,43 sedangkan t tabel = 2,00. Hal ini berarti t hitung > t tabel , maka hipotesis 1 (H 1 hitung hit hit ) diterima. Dari hasil analisis di atas dapat disimpulkan bahwa pembelajaran cooperative integrated reading and composition dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMA N 5 Sijunjung khususnya pada pemahaman konsep siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Cooperative Integrated Reading and Composition, Hasil Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi-S1 |
Depositing User: | FAUZZIYAH FAUZZIYAH |
Date Deposited: | 28 May 2025 08:09 |
Last Modified: | 28 May 2025 08:09 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/12720 |