Putri, Monika (2016) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Guided Discovery terhadap Pencapaian Kompetensi IPA Terpadu Peserta Didik Kelas VIII SMP 30 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_05_M)NIKA_PUTRI_1205631_1699_2016.pdf [thumbnail of B1_05_M)NIKA_PUTRI_1205631_1699_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_05_M)NIKA_PUTRI_1205631_1699_2016.pdf
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar IPA Fisikapeserta didik. Salah satu faktor penyebabnya adalah penggunaan modelpembelajaran yang belum mendukung mencapai seluruh kompetensi baik dariaspek pengtahuan, sikap dan keterampilan. Penelitian ini bertujuan untukmengetahui pengaruh pencapaian kompetensi IPA peserta didik menggunakanmodel pembelajaran guided discovery kelas VIII SMPN 30 Padang.Jenis penelitian yang dilakukan adalah Quasi Exsperiment Research(eksperimen semu) dengan rancangan Randomized Control Group Only Designdengan populasi adalah pendidik kelas VIII SMPN 30 Padang yang terdaftar padaTahun Ajaran 2015/2016 yang terdiri dari 9 kelas. Pengambilan sampel dilakukandengan teknik Purposive Sampling dan Cluster Random Sampling. Sebagai kelassampel penelitian yaitu kelas VIII6sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII8sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah berupa tesakhir untuk kompetensi pengetahuan, lembar observasi untuk kompetensi sikapdan lembar penilaian unjuk kerja untuk kompetensi keterampilan. Hipotesis padapenelitian ini diuji dengan menggunakan uji t pada taraf nyata 0,05.Berdasarkan analisis data pada kompetensi pengetahuan diperoleh nilairata-rata kelas eksperimen 77,424 dan kelas kontrol 72,657. Hasil analisis uji tdengan thitung=2,07 dan ttabel1,998 pada taraf 0,05 berarti thitungberada diluardaerah penerimaan H0maka Hiditerima. Pada kompetensi sikap diperoleh nilairata-rata kelas eksperimen 77,246 dan kelas kontrol 74,975. Hasil analisi uji tdimana thitung=2,34 sedangkan ttabel= 1,998. Nilai thitungberada diluar daerahpenerimaan H0berarti Hiditerima. Pada kompetensi keterampilan nilai rata-ratakelas eksperimen 80,70 dan kelas kontrol 73,508 dengan analisis uji t didapatkanthitung=4,94 dan ttabel= 1,998 berarti Hiditerima. Dengan demikian dapatdisimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang berarti penerapan model pembelajaranGuided Discovery terhadap pencapaian hasil belajar IPA pendidik kelas VIIISMPN 30 Padang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Guided Discovery, Pencapaian kompetensi, IPA, Peserta didik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > Q Science (General) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1 |
Depositing User: | KEISHA KEISHA |
Date Deposited: | 28 May 2025 08:07 |
Last Modified: | 28 May 2025 08:07 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/12714 |