Hirzan, Luthfil (2021) Pengembangan E-Modul Mata Pelajaran Instalasi Penerangan Listrik untuk Kelas XI TITL SMK. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_05_LUTHFIL_HIRZAN_16063048_239_2021.pdf [thumbnail of B1_05_LUTHFIL_HIRZAN_16063048_239_2021.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_05_LUTHFIL_HIRZAN_16063048_239_2021.pdf
Download (1MB)
Abstract
Mata diklat Instalasi Penerangan Listrik (IPL) merupakan salah satu matadiklat yang harus ditempuh oleh siswa kelas XI di kompetensi keahlian TeknikInstalasi Tenaga Listrik (TITL) SMK. Dalam pelaksanaan pembelajaran siswamasih merasa kesulitan dalam mempelajari materi-materi yang diberikan olehguru dikarenakan belum adanya media atau e-modul pembelajaran untukdigunakan secara daring dan mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkanproduk berupa e-modul pembelajaran menggunakan Software Sigil pada matadiklat IPL yang valid, praktis, dan efektif.Subjek penelitian yaitu E-Modul kelas XI TITL di SMK. Metodepenelitian yang digunakan yaitu metode Research and Development denganmengacu pada model Borg and Gall. Peneliti membatasi delapan langkah darisepuluh langkah yaitu diantaranya: potensi dan masalah, pengumpulan data,desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, danuji coba pemakaian.Hasil penelitian diperoleh validitas e-modul pembelajaran dari tigavalidator yang teridiri dari 1 dosen ahli media, 1 ahli materi dan 1 guru matapelajaran memperoleh tingkat pencapaian rata-rata 93% dengan kategori “sangatvalid”. Uji Praktikalitas dengan responden oleh guru memperoleh tingkatpencapaian rata-rata 90% dengan kategori “sangat praktis”, dan responden olehsiswa memperoleh tingkat pencapaian rata-rata 85% dengan kategori “praktis”.Uji efektivitas dengan responden terdiri dari delapan orang siswa yang meliputipost-test memperoleh t ingkat pencapaian 88% dengan kategori “sangat efektif”.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa e-modul pembelajaranpada mata pelajaran IPL adalah valid, praktis, dan efektif.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-Modul, Instalasi Penerangan Listrik, Software Sigil, Daring |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro-S1 |
Depositing User: | KEISHA KEISHA |
Date Deposited: | 28 May 2025 07:59 |
Last Modified: | 28 May 2025 07:59 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/12702 |