Kepemilikan IPhone Bekas Sebagai Personal Branding di Kalangan Mahasiswa Angkatan 2017 Jurusan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial UNP.

Sari, Putri Indah (2021) Kepemilikan IPhone Bekas Sebagai Personal Branding di Kalangan Mahasiswa Angkatan 2017 Jurusan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial UNP. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_4_PUTRI_INDAH_SARI_17058201_4982_2021.pdf] Text
B1_4_PUTRI_INDAH_SARI_17058201_4982_2021.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan kepemilikan iPhone bekas Sebagai personal branding di kalangan mahasiswa angkatan 2017 Jurusan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial UNP. Latar belakang penelitian bermula dari beberapa mahasiswa angkatan 2017 Jurusan Sosiologi FIS UNP menggunakan iPhone bekas dari kalangan kelas menengah ke bawah sebagai ajang untuk personal branding. Realita tersebut membawa peneliti pada suatu pertanyaan yaitu bagaimana mahasiswa angkatan 2017 Jurusan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial melakukan perilaku personal branding melalui cara kepemilikan smartphone bekas bermerek apple. Pertanyaan tersebut akan dianalisis melalui 2 teori yaitu Teori konsumsi dari Jean Baudrillard yaitu sebagai An Order Of Manipulation Of Sign dan The Theory Of The Leisure Class dari Thorstein Veblen.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe studi kasus. Teknik pemilihan informan adalah dengan purposive sampling, jumlah informan sebanyak 9 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara mendalam (indepth interview) dan studi dokumentasi dan dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data dari Matthew B. Milles dan A. Michael Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemilikan iPhone bekas di kalangan mahasiswa Sosiologi angkatan 2017 yang dilihat dari perilaku personal branding yang dilakukan mahasiswa Sosiologi FIS UNP angkatan 2017 melalui 4 cara;1) Mirror Selfie 2) Konten tiktok 3) Instastory instagram mengenai kata-kata bijak dan; 4) Instastory instagram tentang kegiatan sehari-hari. Selanjutnya alasan mahasiswa Sosiologi angkatan 2017 memakai iPhone dilihat dari parameternya; 1) Pertimbangan kualitas kamera; 2) Lebih bergengsi; 3) Pengaruh Lingkungan; 4) Ingin mengikuti trend dan; 5) menunjukkan kelas sosial.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Personal Branding
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi-S1
Depositing User: Nurismen Nurismen S.Sos
Date Deposited: 28 May 2025 07:58
Last Modified: 28 May 2025 07:58
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/12697

Actions (login required)

View Item
View Item