Gudam, Fitri B (2012) Pelaksanaan Team Teaching Dalam Pembelajaran IPS di SMP N 25 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_4_FITRI _B _GUDAM-73823_2801_2012.pdf [thumbnail of B1_4_FITRI _B _GUDAM-73823_2801_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_4_FITRI _B _GUDAM-73823_2801_2012.pdf
Download (2MB)
Abstract
Team teaching merupakan pembelajaran yang dilakukan oleh lebih dari satu
orang guru. Team teaching memiliki kelebihan antara guru inti dan guru
pendamping dapat saling menutupi kekurangan dalam penyampaian materi
kepada siswa sehingga pemahaman siswa lebih baik. Tujuan penelitian ini adalah
untuk melihat bagaimana pelaksanaan team teaching dalam pembelajaran IPS di
SMP N 25 Padang, yang terdiri dari tahap awal, inti dan evaluasi.
Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif tipe evaluatif yang
bertujuan mengumpulkan informasi tentang prosedur/program team teaching
dalam pembelajaran IPS di SMP N 25 Padang. Data penulis temukan dengan
menggunakan teknik observasi langsung non partisipan, wawancara dan
dokumentasi. Pemilihan informan dilakukan dengan menggunakan teknik
snowball sampling. Untuk menganalisis hasil temuan penulis menggunakan teori
structural fungsional yang dikemukakan oleh Talcot Parson. Teori ini
mengungkapkan adanya saling keterkaitan bagian-bagian yang merupakan sistem,
agar satu sistem dapat dapat mempertahankan kelestariannya maka setiap bagian
dalam sistem tersebut harus menjalankan fungsinya masing-masing.
Hasil penelitian mengungkapkan bahwa tipe team teaching yang digunakan
di SMP N 25 Padang merupakan tipe monitoring teacher yang dilaksanakan
dengan cara salah satu guru dipastikan melakukan peran sebagai pengajar yang
memberikan pembelajaran dikelas, sedangkan yang lainnya berkeliling
memonitoring siswa. Tahap awal team teaching tidak terlaksana sesuai tahapan
team teaching. Gagalnya tahap awal ini disebabkan karena guru lebih terfokus di
kelas inti mereka masing-masing. Tahap inti tidak terlaksana sesuai dengan team
teaching monitoring teacher disebabkan karena kontrol dari kepala sekolah belum
terorganisir. Tahap evaluasi juga tidak terlaksana di sekolah ini disebabkan karena
guru pendamping jarang hadir di kelas bersama guru inti, sehingga guru
pendamping tidak mengetahui perkembangan selama di dalam kelas.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HM Sociology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi-S1 |
Depositing User: | Umma Mardhotillah A.Md. |
Date Deposited: | 28 May 2025 07:56 |
Last Modified: | 28 May 2025 07:56 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/12688 |