Rahman, Luthfi (2018) Komparasi Penerapan Model Pembelajaran Problem Posing dengan Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Dasar Listrik dan Elektronika Siswa Kelas X SMKN 5 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_05_LUTHFI_RAHMAN_1306242_1343_2018.pdf [thumbnail of B1_05_LUTHFI_RAHMAN_1306242_1343_2018.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_05_LUTHFI_RAHMAN_1306242_1343_2018.pdf
Download (458kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar denganmenerapkan model pembelajaran Problem Posing dengan model pembelajaranProblem Solving pada mata pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika kelas XTeknik Audio Video semester ganjil SMK Negeri 5 Padang tahun ajaran2017/2018. Jenis penelitian ini bersifat quasi experimen. Pengambilan sampeldengan teknik nonprobability sampling, Sampel penelitian yaitu kelas X TAV1E3A sebagai kelas eksperimen I menggunakan model pembelajaran problemPosing dan kelas X TAV 1E3B sebagai kelas Eksperimen II menggunakanmodel pembelajaran problem solving. Teknik pengumpulan data dari post-testpada kelas eksperimen I dan kelas eksperimen II, kemudian dianalisis untuk ujihomogenitas, uji normalitas dan uji hipotesis. Dari hasil penelitian kelaseksperimen I didapatkan nilai rata-rata 82,13, sedangkan kelas eksperimen IImendapatkan nilai rata-rata 78,13. Hasil perhitungan hipotesis pada tarafsignifikan α=0,05 didapatkan thitung> ttabelyaitu 2,627 > 1,697, karena thitungbesardari ttabel, maka hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima.Dapat disimpulkan berarti pada taraf nyata, penelitian ini memperlihatkan bahwaterdapat perbedaan penggunakan model pembelajaran Problem Posing terhadaphasil belajar siswa mata pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika kelas X TeknikAudio Video di SMK Negeri 5 Padang. Maka model pembelajaran ProblemPosing lebih baik digunakan saat pembelajaran di bandingkan dengan modelpembelajaran Problem Solving.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Problem Posing, Problem Solving, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika-S1 |
Depositing User: | KEISHA KEISHA |
Date Deposited: | 28 May 2025 07:56 |
Last Modified: | 28 May 2025 07:56 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/12686 |