Gambaran Perilaku Bullying Siswa dari Keluarga yang menerapkan Pola Asuh Otoriter.

Fadila, Dinda (2022) Gambaran Perilaku Bullying Siswa dari Keluarga yang menerapkan Pola Asuh Otoriter. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_05_DINDA_FADILA_18006093_1993_2023.pdf] Text
B1_05_DINDA_FADILA_18006093_1993_2023.pdf

Download (873kB)

Abstract

Penelitian ini didasarkan oleh adanya siswa yang melakukan tindakan perilaku bullying di sekolah. Bullying adalah suatu tindakan kekerasan yang dilakukan seseorang secara berulang-ulang kepada orang yang dianggap lebih lemah dari dirinya. Bullying terdiri tiga bagian, yaitu bullying fisik, bullying
verbal dan bullying psikologi/mental. Faktor penyebab terjadinya perilaku bullying pada siswa yaitu pola asuh orang tua, salah satunya pola asuh otoriter.Penelitian ini bertujuan untuk mengambarkan perilaku bullying siswa yang
mendaptkan pola asuh otoriter dari orang tua.
Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 26 orang siswa.Adapun teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik purposive sampling, menggunakan instrumen berupa angket pola asuh otoriter dan
instrumen angket perilaku bullying dengan model skala likert. Hasil penelitian ini menemukan gambaran tingkat perilaku bullying siswa SMPN 1 Ulakan Tapakis berada pada kategori sedang dengan persentase 80,77%.Hasil penelitian ini dilihat dari aspek bullying fisik berada pada kategori sedang 46,15%, aspek bullying verbal berda pada kategori rendah 38,46% dan aspek bullying psikologis/mental berda pada kategori tinggi 53,85%. Jadi hasil ini menunjukkan bahwa siswa SMPN 1 Ulakan Tapakis yang melakukan perilaku
bullying yang ditinjau dari gambaran pola asuh otoriter orang tua yaitu sedang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseleling-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 28 May 2025 07:55
Last Modified: 28 May 2025 07:55
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/12681

Actions (login required)

View Item
View Item