Oktavia, Lussy Four (2016) Komparasi Hasil Belajar Penerapan Model Pembelajaran Flipped Classroom (FC) dan Project Based Learning (PjBL) pada Mata Pelajaran Simulasi Digital Kelas X Teknik Audio Video SMKN 1 Lintau Buo. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_05_LUSSY_FOUR_OKTAVIA_1201909_083_2017.pdf [thumbnail of B1_05_LUSSY_FOUR_OKTAVIA_1201909_083_2017.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_05_LUSSY_FOUR_OKTAVIA_1201909_083_2017.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana komparasi/perbandinganhasil belajar antara model pembelajaran Flipped Classroom (FC) dengan ProjectBased Learning (PjBL) pada mata pelajaran Simulasi Digital kelas X TeknikAudio Video (TAV) semester genap SMKN 1 Lintau Buo Tahun Ajaran2015/2016. Jenis penelitian ini bersifat penelitian eksperimen. Pengambilansampel dengan teknik nonprobability sampling dengan sampling purposive,sebagai kelas eksperimen adalah X TAV Grup A menggunakan modelpembelajaran Flipped Classroom (FC) dan kelas kontrol adalah X TAV Bmenggunakan model pembelajaran Project Based Learning. Teknik pengumpulandata dari nilai post-test, kemudian dianalisis untuk uji homogenitas, uji normalitasdan uji hipotesis. Dari hasil penelitian kelas eksperimen mendapatkan nilai ratarata76,70, sedangkan kelas kontrol mendapatkan nilai rata-rata 65,99. Hasilperhitungan hipotesis pada taraf signifikan α=0,05 didapatkan thitung> ttabelyaitu(4,656 > 2,056 ), karena thitungbesar dari ttabel, maka hipotesis nihil (H0) ditolak danhipotesis alternatif (Ha) diterima. Dengan demikian, hipotesis diterima dimanaterdapat perbedaan yang berarti terhadap hasil belajar siswa yang menggunakanmodel pembelajaran Flipped Classroom (FC) dibandingkan dengan menggunakanmodel pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dan siswa menggunakan modelpembelajaran Flipped Classroom (FC) lebih tinggi nilainya dari pada siswa yangmenggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL).
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | hasil belajar, model pembelajaran Flipped Classroom (FC), model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika-S1 |
Depositing User: | KEISHA KEISHA |
Date Deposited: | 28 May 2025 07:25 |
Last Modified: | 28 May 2025 07:26 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/12669 |