Mailinda, Mailinda (2015) Meningkatkan Kemampuan Menyimak Anak Melalui Media Audio Kaset Cerita di PAUD Bougenvil Kota Bukittinggi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_4_MAILINDA_1208865_110_2016.pdf [thumbnail of B1_4_MAILINDA_1208865_110_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_4_MAILINDA_1208865_110_2016.pdf
Download (468kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil pengamatan penulis PAUD
Bougenvil Kota Bukittinggi yang menunjukkan adanya fenomena yang
mengindikasikan bahwa kurangnya kemampuan anak dalam menyiman. Banyak
cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kemampuan menyimak anak, salah
satunya adalah dengan menggunakan media audio kaset cerita. Tujuan penelitian
ini adalah untuk mengetahui apakah media audio kaset cerita dapat
meningkatkan kemampuan anak dalam: (1) memahami isi cerita (2)
menceritakan kembali cerita yang didengar dan (3) menyimak perkataan orang
lain.
Penelitian ini mnggunakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action
Research) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah anak
PAUD Bougenvil Semester I Tahun Ajaran 2015/2016 yang berjumlah 15 orang.
Pengumpulan data menggunakan format observasi dan dianalisis dengan
menggunakan rumus persentase
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menyimak anak
mengalami peningkatan setelah melakukan dua kali siklus dimana hasil rata-rata
persentase pada setiap siklus mengalami peningkatan untuk setiap variabel
dibandingkan dengan kondisi awal.
Untuk variabel anak mampu memahami isi cerita terjadi peningkatan
kemampuan anak dimana kondisi awal hanya 13,3% anak yang mampu, pada
siklus I meningkat menjadi 46,7% dan lebih meningkat lagi pada siklus II yakni
menjadi 88,9%.
Untuk variabel anak mampu menceritakan kembali isi cerita yang
didengar terjadi peningkatan kemampuan anak dimana kondisi awal hanya
13,3% anak yang mampu, pada siklus I meningkat menjadi 46,7% dan lebih
meningkat lagi pada siklus II yakni menjadi 86,7%.
Untuk variabel anak mampu menyimak perkataan orang lain juga terjadi
peningkatan kemampuan anak dimana kondisi awal hanya 20% anak yang
mampu, pada siklus I meningkat menjadi 48,9% dan lebih meningkat lagi pada
siklus II yakni menjadi 86,7%.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QK Botany |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah-S1 |
Depositing User: | Risna Juita S.Sos |
Date Deposited: | 28 May 2025 07:24 |
Last Modified: | 28 May 2025 07:24 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/12659 |