Pangesti, Dinda Tri (2013) Hubungan Konsep Diri dengan Motivasi Mengerjakan Tugas Perkuliahan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_05_DINDA_ TRI_ PANGESTI_96114_5304_2014.pdf [thumbnail of B1_05_DINDA_ TRI_ PANGESTI_96114_5304_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_05_DINDA_ TRI_ PANGESTI_96114_5304_2014.pdf
Download (6MB)
Abstract
Kegiatan perkuliahan dilakukan untuk mengembangkan potensi
mahasiswa melalui kegiatan akademik tatap muka dan penugasan-penugasan.Kegiatan mengerjakan tugas perkuliahan itu sendiri akan berlangsung dengan baik jika mahasiswa memiliki motivasi yang baik dalam mengerjakan tugas
perkuliahan. Motivasi mahasiswa dalam mengerjakan tugas perkuliahan menyangkut dengan pengetahuan, kemampuan diri dan penilaian diri mahasiswa terhadap dirinya. Mahasiswa yang cenderung memiliki konsep diri yang positif
akan memiliki motivasi mengerjakan tugas perkuliahan yang positif, demikian sebaliknya. Penelitian ini tergolong penelitian kuantitatif jenis korelasi. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa jurusan Bimbingan dan Konseling FIP UNP yang berjumlah 189 mahasiswa. Instrumen penelitian ini berupa angket mengenai konsep diri mahasiswa dan angket mengenai motivasi mengerjakan tugas perkuliahan mahasiswa. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan
teknik statistik Korelasi Product Moment melalui bantuan program Microsoft Office Excel dan SPSS versi 16.0
Temuan hasil penelitian mengungkapkan: (1) Konsep diri mahasiswa bimbingan dan konseling pada kategori rendah (53,4%) pada aspek fisik, aspek sosial, aspek emosi, aspek moral dan aspek kognitif (2) motivasi mengerjakan
tugas perkuliahan mahasiswa bimbingan dan konseling tergolong rendah (50,3%) pada aspek keseriusan untuk memahami tugas yang diberikan dosen, aspek ketekunan untuk menyediakan sumber mengerjakan tugas, aspek ketekunan
mengerjakan tugas dengan lebih baik, aspek kedisiplinan dalam menyerahkan tugas perkuliahan, aspek keseriusan menindaklanjuti tugas yang telah diselesaikan dan diserahkan (3)terdapat hubungan yang signifikan antara konsep diri dengan motivasi mengerjakan tugas perkuliahan mahasiswa bimbingan dan konseling yakni sebesar 0,482 dengan tingkat keeratan sedang. Berdasarkan temuan penelitian disarankan agar mahasiwa, dosen, dan seluruh staf di jurusan bimbingan dan konseling dapat meningkatkan kualitas mahasiswanya sebagai wujud pencapaian visi dan misi bimbingan dan konseling selama ini.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseleling-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 28 May 2025 07:22 |
Last Modified: | 28 May 2025 07:22 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/12656 |