Kesulitan-Kesulitan Mahasiswa dalam Penulisan Skripsi di Jurusan Sosiologi FIS UNP

Yumna, Fitra Fakhrani (2012) Kesulitan-Kesulitan Mahasiswa dalam Penulisan Skripsi di Jurusan Sosiologi FIS UNP. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_4_FITRA_FAKHRANI_YUMNA_89352_5733_2012.pdf] Text
B1_4_FITRA_FAKHRANI_YUMNA_89352_5733_2012.pdf

Download (931kB)

Abstract

Skripsi merupakan salah satu bentuk pelaporan suatu penelitian ilmiah pada
suatu disiplin ilmu di perguruan tinggi yang dibuat sebagai salah satu syarat
memperoleh gelar sarjana. Masalah yang terjadi di jurusan Sosiologi FIS UNP adalah
mahasiswa masih mengalami kesulitan ketika menulis skripsi sehingga selesai
menulis skripsi lebih dari satu semester sehingga mengakibatkan lulus tidak tepat
waktu. Ironisnya,selama perkuliahan tatap muka mahasiswa telah dibekali dengan
mata kuliah yang berkontribusi langsung dengan penelitian, yaitu metode penelitian
kualitatif, metode penelitian kuantitatif, teknik penelusuran dan penulisan ilmiah, dan
praktek penelitian. Meskipun mahasiswa telah dibekali dengan materi penulisan
karya ilmiah namun keterampilan menulis belum juga terbentuk. Penelusuran data
awal pada tabel 1 terlihat bahwa rata-rata mahasiswa menulis skripsi lebih dari satu
semester yaitu dari 32 orang mahasiswa yang wisuda periode Maret 2012 hanya 7
orang atau ± 21% yang menyelesaikan menulis skripsi selama enam bulan.
Berdasarkan hal itu, peneliti tertarik untuk meneliti tentang kesulitan mahasiswa
dalam menulis skripsi. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan
mendeskripsikan kesulitan yang dihadapi mahasiswa dalam menulis skripsi.
Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori kesulitan belajar yang
dipopulerkan oleh W.H Burton. Burton mengidentifikasi bahwa seseorang dapat
dipandang mengalami kesulitan belajar apabila yang bersangkutan menunjukkan
kegagalan (failure) tertentu dalam mencapai tujuan-tujuan belajarnya. Salah satu
muara dari studi (proses perkuliahan) adalah mekanisme penelitian yang
direalisasikan ke dalam bentuk skripsi.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian studi
kasus instrinsik. Informan penelitian adalah mahasiswa di Jurusan Sosiologi FIS
UNP yang sedang menyusun skripsi dalam rangka memperoleh gelar sarjana,alumni
mahasiswa Pendidikan Sosiologi dan dosen pembimbing. Teknik pemilihan informan
dilakukan dengan teknik purposive sampling yaitu diambil secara sengaja sesuai
dengan tujuan penelitian. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi,
wawancara mendalam dan dokumentasi serta analisa dengan langkah-langkah yaitu
mereduksi data, mendisplay data dan penarikan kesimpulan akhir.
Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa: dalam menulis
skripsi mahasiswa Jurusan Sosiologi FIS UNP mengalami berbagai kesulitan adalah:
A. Kemampuan mahasiswa mengungkapkan ide; B. Budaya baca mahasiswa; C.
Gaya belajar mahasiswa; D. Pemahaman mahasiswa tentang metode penelitian; E.
Kesulitan mendapatkan data; F. Rendahnya penguasaan Bahasa Indonesia. Dari hasil
penelitian maka kesulitan yang paling menonjol yaitu tentang pemahaman mahasiswa
tentang metode penelitian

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi-S1
Depositing User: Umma Mardhotillah A.Md.
Date Deposited: 28 May 2025 07:22
Last Modified: 28 May 2025 07:22
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/12654

Actions (login required)

View Item
View Item