Gambaran Pelaksanaan Pembelajaran Kursus Komputer pada Lembaga Kursus dan Pelatihan Andalusia (LKP - Andalusia) di Kecamatan Kinali Kabupaten Pasaman Barat

Aprimawati, Fitra (2012) Gambaran Pelaksanaan Pembelajaran Kursus Komputer pada Lembaga Kursus dan Pelatihan Andalusia (LKP - Andalusia) di Kecamatan Kinali Kabupaten Pasaman Barat. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_4_FITRA_APRIMAWATI_87952_491_2013.pdf] Text
B1_4_FITRA_APRIMAWATI_87952_491_2013.pdf

Download (241kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh meningkatnya jumlah warga belajar,
tingginya kehadiran warga belajar dan keberhasilan pelaksanaan pembelajaran kursus
komputer pada Lembaga Kursus dan Pelatihan Andalusia. Penelitian ini bertujuan
untuk memperoleh gambaran tentang pelaksanaan pembelajaran kursus komputer
yang meliputi komponen tentang (1) Tujuan Belajar (2) Materi Belajar (3) Metode
Belajar (4) Sumber Belajar (5) Tempat Belajar (6) Sarana Belajar (7) Evaluasi
Belajar.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasinya sebanyak 220
orang. Sampel ditarik menggunakan teknik Stratified Random Sampling dengan
mengambil sebanyak 20% maka jumlah sampel seluruhnya 44 orang. Alat
pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Teknik analisa data yang
digunakan yaitu deskriptif kuantitatif yang menggunakan rumus persentase. Sebelum
angket disebarkan terlebih dahulu dilakukan uji coba instrument. Hasil uji coba
menunjukkan angket yang digunakan valid dan reliabel.
Temuan penelitian menunjukkan bahwa: (1) pelaksanaan pembelajaran pada
aspek tujuan belajar dikategorikan cukup baik, (2) pelaksanaan pembelajaran pada
aspek materi belajar dikategorikan baik, (3) pelaksanaan pembelajaran pada aspek
metode belajar dikategorikan baik, (4) pelaksanaan pembelajaran pada aspek sumber
belajar dikategorikan cukup baik, (5) pelaksanaan pembelajaran pada aspek tempat
belajar dikategorikan baik, (6) pelaksanaan pembelajaran pada aspek sarana belajar
dikategorikan baik, (7) pelaksanaan pembelajaran pada aspek evaluasi belajar
dikategorikan cukup baik. Untuk itu penulis menyampaikan beberapa saran: (1) Pada
aspek tujuan belajar di lembaga kursus diharapkan kepada instruktur untuk lebih
merumuskan tujuan pembelajaran sesuai dengan kebutuhan warga belajar, (2) Pada
aspek sumber belajar di lembaga kursus diharapkan kepada instruktur untuk lebih
meningkatkan kinerjanya, (3) Pada aspek evaluasi belajar di lemabaga kursus
diharapkan kepada instruktur untuk lebih meningkatkan evaluasi belajar agar setiap
komponenkomponen pembelajaran bisa berjalan lebih bagus lagi kedepannya.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah-S1
Depositing User: Umma Mardhotillah A.Md.
Date Deposited: 28 May 2025 07:21
Last Modified: 28 May 2025 07:21
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/12650

Actions (login required)

View Item
View Item