Septiani, Dina (2017) Hubungan Kecerdasan Emosional dengan Self EfficacyAkademik. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_05_DINA_SEPTIANI_1300357_3775_2017.pdf [thumbnail of B1_05_DINA_SEPTIANI_1300357_3775_2017.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_05_DINA_SEPTIANI_1300357_3775_2017.pdf
Download (3MB)
Abstract
Self efficacy akademik merupakan kemampuan yang harus ada didalam diri siswa. Salah satu faktor yang mempengaruhi self efficacy akademik yaitu kecerdasan emosional. Apabila siswa memiliki tingkat kecerdasan emosional yang sangat tinggi, maka siswa lebih yakin terhadap dirinya ketika dihadapkan dalam kegiatan akademik.Akan tetapi, kenyataannya masih ada siswa kurang yakin pada kemampuannya dalam
belajar dan kurang dapat mencerdaskan kondisi emosi dalam kegiatan akademik.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) tingkat kecerdasan emosional, (2)
tingkat self efficacy akademik, (3) menguji hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional dengan self efficacy akademik siswa kelas X SMK Negeri 10 Padang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelasional. Populasi
penelitian adalah siswa kelas X SMK Negeri 10 Padang tahun ajaran 2016/2017 dengan jumlah sebanyak 219 siswa. Jumlah sampel adalah 155 siswa yang diperoleh dari teknik simple random sampling. Instrumen yang digunakan yaitu angket. Data
yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik persentase. Untuk melihat hubungan diantara kedua variabel digunakan teknik Pearson Product Moment Correlation menggunakan program SPSS versi 16.0. Hasil menunjukkan bahwa (1) kecerdasan emosional siswa kelas X SMK Negeri 10 Padang berada pada kategori sedang, (2) self efficacy akademik siswa kelas X SMK Negeri 10 Padang berada pada kategori cukup baik, (3) terdapat hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional dengan self efficacy akademik siswa
kelas X SMK Negeri 10 Padang. Berdasarkan temuan penelitian disarankan kepada guru BK untuk memberikan layanan informasi yang berkaitan dengan upaya peningkatan kecerdasan emosional dan self efficacy akademik, layanan penguasaan konten seperti cara mengontrol emosi yang baik dalam belajar serta cara mengemukakan pendapat di depan kelas, dan memberikan layanan bimbingan kelompok berkaitan dengan peningkatan kecerdasan emosi dan self efficacy akademik. Hal ini dapat dicapai dengan cara berpikir positif terhadap kondisi yang
sedang dihadapi, dapat mengendalikan emosi dengan cara yang benar, serta mampu yakin dengan kemampuan diri dalam menyelesaikan tugas-tugas akademik
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseleling-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 28 May 2025 05:56 |
Last Modified: | 28 May 2025 05:56 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/12648 |