Using Picture-Cued Task to Assess Students'Speaking Ability Orally in Junior High School.

Femiwati, Femiwati (2011) Using Picture-Cued Task to Assess Students'Speaking Ability Orally in Junior High School. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_FEMIWATI_72684_2709_2011.pdf] Text
B1_FEMIWATI_72684_2709_2011.pdf

Download (720kB)

Abstract

Penilaian yang dilakukan guru terhadap siswa dalam keterampilanberbicara di tingkat SMP seringkali dilaksanakan dalam bentuk ujian tertulis(written form). Padahal untuk melihat kemapuan siswa dalam berbicarahendaknya penilaian dilakukan secara lisan. Pada umumnya guru beranggapanbahwa penilaian berbicara dilakukan secara lisan sulit dilakukan danmembutuhkan banyak waktu. Dalam hal ini, guru dituntut untuk menemukan carayang tepat dalam menilai siswa pada keterampilan berbicara. Hal ini sangatpenting untuk dilakukan agar dapat mengukur kemampuan siswa dalampenguasaan keterampilan berbicara. Dalam makalah ini, penulis mencobamembahas salah satu teknik dalam penilaian berbicara yaitu “Picture-cued task”.Teknik ini menggunakan gambar dan pertanyaan mengenai gambar tersebutsebagai penuntun bagi siswa dalam berbicara. Dalam penggunaan “Picture-CuedTask”, guru terlebih dahulu membuat beberapa persiapan (preparation) danberikutnya prosedur (procedure) menggunakan “Picture-Cued Task” dalam ujianberbicara. Sistem penilaian (scoring) dan umpan balik (feedback) tentangkemampuan siswa yang diuji juga penting dalam penilaian. Penggunaan “PictureCued Task”sangat menarik karena menggunakan gambar. Dengan penggunaan“Picture-Cued Task” diharapkan mampu memberi penilaian yang objektif tentangkemampuan berbicara siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PICTURE-CUED TASK, ABILITY ORALLY
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 28 May 2025 05:54
Last Modified: 28 May 2025 05:54
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/12638

Actions (login required)

View Item
View Item